PENINGKATAN PEMAHAMAN GURU SMK TENTANG PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK SESUAI KURIKULUM MERDEKA

  • Surya Jatmika Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • M. Fahmi Johan Syah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Kartika Thoyibbah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Happy Martama Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Sosialisasi, Pembelajaran berbasis projek (PjBL), Kurikulum Merdeka, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Abstract

Mulai tahun 2022 hingga 2024, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan kebebasan kepada sekolah untuk memilih di antara tiga kurikulum: Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat, dan Kurikulum Prototipe. Ketiga kurikulum ini menawarkan pendekatan pembelajaran berbasis projek (Project-Based Learning/PjBL) untuk guru, dengan penekanan kuat pada Kurikulum Prototipe untuk menerapkan PjBL di setiap mata pelajaran. Namun, pada jenjang pendidikan menengah, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sosialisasi terkait PjBL dalam Kurikulum Merdeka masih minim, termasuk di SMK Muhammadiyah Salatiga dan SMK Muhammadiyah Sukoharjo. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk (1) menyosialisasikan konsep dasar dan karakteristik PjBL, (2) memberikan panduan langkah-langkah PjBL, (3) memperkenalkan modul ajar berbasis projek, dan (4) mendiskusikan tantangan dalam penerapan PjBL. Pengabdian ini dilakukan melalui model webinar. Di SMK Muhammadiyah Salatiga, kegiatan berfokus pada penerapan PjBL di kelas, terutama dari aspek perangkat pembelajaran dan penggunaan jobsheet/Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis projek. Sementara itu, di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, fokus pengabdian adalah penguatan PjBL dalam Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5BK). Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman guru mengenai PjBL, memperbaiki struktur jobsheet, menyesuaikan modul ajar dengan standar panduan pembelajaran dan asesmen Kurikulum Merdeka serta panduan projek P5BK, dan meningkatkan pemahaman guru mengenai asesmen berbasis projek.

Published
2025-09-08