APLIKASI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF BALOK KUBUS WARNA DAN LOTTO WARNA UNTUK PENGENALAN WARNA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN
Abstract
Permaianan adalah bagian mutlak dari kehidupan anak dan permainan merupakan bagian integral dari proses pembentukan kepribadian anak. Sedaangkan permainan edukatif adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana atau peralatan bermain yang mengandung nilai edukatif, yang dapat mengembangkan seluruh kemampuan peserta didik. Permainan edukatif bertujuan untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak, seperti kognitif, sosial-emosional, motorik, dan Bahasa. Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki keterbatasan dalam fungsi intelektual dan kemampuan adaptasi sosial. Mereka memiliki kemampuan intelektual yang berada di bawah rata-rata dan mengalami kesulitan dalam belajar, berkomunikasi, dan beradaptasi dengan lingkungan. Kemampuan mengenal warna termasuk dalam lingkup perkembangan kognitif, yang sering mengganggu anak tunagrahita. Anak tunagrahita seringkali mengalami kesulitan dalam belajar, berkomunikasi, dan memecahkan masalah, termasuk dalam mengenal warna. Mereka mungkin tidak dapat menyebutkan nama-nama warna yang ada di sekitarnya dan kesulitan membedakan warna yang berbeda. Pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan warna kepada anak tunagrahita melalui permainan balok kubus warna dan lotto warna sehingga dapat membantu anak tunagrahita dalam mengenali warna dasar dan memperluas pemahaman tentang dunia di sekitarnya.