PENGEMBANGAN LITERASI KEAGAMAAN ANAK USIA SEKOLAHDASAR MELALUI PROGRAM TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DESA TATABA

  • Vira Rahmayanti Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Annisa Fauziah Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Nining Anjarwati Moh Agus Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Hanifatur Raziqoh Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Alfadjri Abdurahman Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Firmansyah Fality Universitas Muhammadiyah Luwuk
Keywords: literasi keagamaan, doa harian, pendampingan anak

Abstract

Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan di TPA Desa Tataba sebagai bagian dari upaya meningkatkan literasi keagamaan anak-anak usia sekolah dasar. Melalui observasi awal, ditemukan bahwa sebagian besar anak belum mampu membaca doa-doa harian dengan lancar dan belum memahami makna ibadah secara menyeluruh. Pendampingan dilakukan dalam bentuk pembelajaran langsung dengan pendekatan interaktif dan kontekstual. Proses pelaksanaan berlangsung mulai dari perencanaan materi hingga kegiatan pembelajaran pada tanggal 21, 24, dan 28 Juli 2025. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak-anak dalam melafalkan doa, mengenali rukun ibadah, serta tumbuhnya semangat belajar yang positif meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti kurangnya minat belajar dari sebagian peserta. Peran guru TPA sangat terlihat sebagai fasilitator dan pendamping. Dengan adanya program ini, literasi keagamaan anak-anak TPA Desa Tataba meningkat secara bertahap dan memberikan dampak positif terhadap pemahaman spiritual mereka.

Published
2025-09-26