PELATIHAN PENERAPAN PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED KEPADA GURU PENDIDIKAN JASMANI

  • Muhammad Akbar Syafruddin Universitas Negeri Makassar
  • Retno farhana Nurulita Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Nugrah Setyawan Universitas Negeri Makassar
  • Ilham Azis Universitas Negeri Makassar
  • Reza Mahyuddin Universitas Negeri Makassar
Keywords: Pelatihan; Pembelajaran; Student Center

Abstract

Seiring dengan perkembangan kurikulum dan pendekatan pedagogi modern, metode pembelajaran yang berpusat pada siswa (student-centered learning) semakin direkomendasikan untuk diterapkan di berbagai bidang pendidikan, termasuk pendidikan jasmani. Pendekatan ini menekankan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, dengan memberikan mereka kesempatan untuk mengeksplorasi, berdiskusi, dan mengambil keputusan dalam kegiatan yang dilakukan. Beberapa metode pembelajaran yang berbasis student-centered dalam pendidikan jasmani meliputi model pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, dan pendekatan berbasis permainan. Namun, implementasi metode pembelajaran yang berpusat pada siswa di sekolah-sekolah masih menghadapi berbagai tantangan. Kurangnya pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan metode ini menjadi salah satu kendala utama. Selain itu, fasilitas dan sarana pendukung yang terbatas juga sering kali menghambat pelaksanaan pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Oleh karena itu, diperlukan adanya pelatihan yang dapat membantu guru pendidikan jasmani dalam memahami konsep pembelajaran student-centered serta mengaplikasikannya dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada peningkatan pemahaman dan keterampilan guru pendidikan jasmani dalam menerapkan metode student-centered learning telah berjalan dengan efektif. Program ini berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang lebih partisipatif, interaktif, dan berorientasi pada kebutuhan siswa

Published
2025-11-16