Pemasaran Digital Sebagai Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Keripik Cumi Cumi di Desa Bekonang

  • Ale Pratama Canavaro Universitas Tunas Pembangunan
  • Devi Triana Universitas Tunas Pembangunan
  • Mawar Dimas Sopianti Universitas Tunas Pembangunan
  • Meilan Ardita Cahyani4 Universitas Tunas Pembangunan
  • Nasywa Isra’ Mirais Universitas Tunas Pembangunan
  • Rahmadanti Prima Dewi Universitas Tunas Pembangunan
  • Riska Kusuma Anjani Universitas Tunas Pembangunan
  • Salsabilla Yusika Anjany Universitas Tunas Pembangunan
  • Muhammad Dimas Aji Prasetya Universitas Tunas Pembangunan
  • Habil Danar Wiyudha Universitas Tunas Pembangunan
  • Zandra Dwanita Widodo Universitas Tunas Pembangunan
  • Susilaningtyas Budiana Kurniawati Universitas Tunas Pembangunan
Kata Kunci: keripik, ukm, pemasaran

Abstrak

Saat ini industri camilan di Indonesia selalu mengalami perubahan perkembangan dari segi teknologi maupun inovasi dari waktu ke waktu, terutama keripik yang menjadi salah satu produk favorit. Keripik cumi cumi ini merupakan produk olahan dari salah satu UKM milik ibu Heni Purwaningsih yang berada di desa Bekonang. Bahan dasar utama dari keripik ini adalah tepung terigu yang kemudian di inovasikan dengan ditambahkan dengan komponen pendukung lainnya. Peluang pemasaran dari keripik ini sangat besar, namun terdapat kendala dalam proses pemasaran keripik ini. Oleh karena itu, kami berupaya membantu UKM milik ibu Heni Purwaningsih dalam memasarkan produknya ini. Karena kami percaya bahwa produk keripik ini akan mempunyai daya Tarik lebih di pasaran, kami membuatkan suatu platform di media social yaitu Instagram dan Tik-Tok untuk melakukan pemasaran secara online maupun offline. Kami melakukan pengambilan data lewat pengabdian masyarakat yang dilakukan secara langsung di rumah produksi.

Diterbitkan
2024-07-30