PELATIHAN DIGITAL MARKETING DAN PENGGUNAAN E-COMMERCE UNTUK UMKM DI DESA KARANGSARI KABUPATEN KARANGANYAR
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini, hal tersebut berpengaruh terhadap perkembangan dari penjualan produk yang dahulu dilakukan secara langsung atau konvensional mulai beralih dan beradaptasi menggunakan digital marketing. Hal ini tidak selaras dengan kemampuan beberapa masyarakat terutama pelaku UMKM terkait pengetahuan dan keterampilan dalam digital marketing, terutama di Desa Karangsari Kabupaten Karanganyar. Desa ini memiliki pelaku UMKM yang mempunyai berbagai jenis produk akan tetapi kesulitan dalam melakukan pemasaran online karena keterbatasan pengetahuan yang dimiliki. Tema dari pengabdian masyarakat ini disesuaikan dengan permasalahan yang saat ini dihadapi oleh pelaku UMKM di desa Karangsari. Metode penyampaian kegiatan ini melalui ceramah dan diskusi serta praktek penggunaan aplikasi ecommerce yang nantinya akan digunakan oleh peserta UMKM untuk melakukan pemasaran online. Pada pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini, peserta diberi pelatihan terkait digital marketing dan dibimbing untuk memiliki toko online di marketplace Shopee dan dengan tujuan pelaku usaha dapat mengembangkan usaha dan memperluas pasar melalui ecommerce. Kegiatan pengabdian masyarakat ada pendampingan praktik yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa sehingga hasil kepemilikan akun Shopee dapat mencapai 100%.
Kata kunci: digital marketing, UMKM, ecommerce, konten pemasaran.
Abstract
Alongside today's rapid technological advancements, this has influenced the development of product sales that were previously done directly or conventionally, beginning to change and adapt utilizing digital marketing. This is in contradiction to the capabilities of some communities, particularly SMEs perpetrators, in terms of knowledge and skills in digital marketing, particularly in Karangsari Village, Karanganyar district. This village includes SMEs perpetrators who have a variety of items but struggle with online marketing because to their lack of understanding. The theme of this community commitment is tailored to the present issues confronting SMEs perpetrators in Karangsari. This activity will be delivered through lectures and discussions, as well as using e-commerce apps that UMKM participants will later utilize to run online marketing. Participants in the implementation of this community's dedication were trained in digital marketing and guided to own online stores in the Shopee marketplace, with the goal of entrepreneurs developing businesses and expanding the market through ecommerce. The community service activities are accompanied by practices carried out by a team of lecturers and students in order to achieve 100% income from Shopee account ownership.
References
Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat MANAGE, 1(2), 88–92.
Anggita Langgeng Wijaya. (2022). Pelatihan Pemasaran Digital Bagi Remaja Karang Taruna Pemilik Online Shop Di Desa Sambirejo Kec. Jiwan Kab. Madiun. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat, 4(1).
Dewa, I., Yuda, M., Atmanegara, S., Arief, M. H (2023). Pemanfaatan pemasaran digital melalui platform media sosial guna menambah penghasilan pemangku UMKM. Communnity Development Journal, 4(3), 5963–5967.
Dolega, L., Rowe, F., & Branagan, E. (2021). Going digital? The impact of social media marketing on retail website traffic, orders and sales. Journal of Retailing and Consumer Services, 60, 102501. https://doi.org/10.1016/J.JRETCONSER.2021.102501
Gunawan, A., & Hazwardy, D. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship untuk Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha. Abdimas Dewantara, 3(1), 81. https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4311
Harto, B., Rozak, A., & Yanto Rukmana, A. (2021). Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1).
Mudrifah, & Risky Angga Pramuja. (2022). Pendampingan Digital Marketingpada Umkm Pkk Karangploso View-Ngenep (Program Bemo “Belajar Marketing Online”). Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 6(1).
Nurmala, S. (2022). Peningkatan Pemasaran UMKM Melalui Pelatihan Digital Marketing Increasing MSME Marketing Through Digital Marketing Training. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 281–289. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i3.6340
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878
Prastya Nugraha, A. E., & Wahyuhastuti, N. (2017). Start up digital business: sebagai solusi penggerak wirausaha muda. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 2(1), 1. https://doi.org/10.29407/nusamba.v2i1.701
Riyanto, S., Nur, M., Azis, L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 5, Issue 1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
Setiawan, Iwan; S. Y. (2016). New Content Marketing : Gaya Baru Pemasaran Era Digital. //portal.upj.ac.id/slims/index.php?p=show_detail&id=7271&keywords=
Sukmasetya, P., Apriyani, H., Wahyuni, T., Wulan, B. S., Nugroho, W., & Ardiyansah, A. H. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono. In Jurnal Abdimas PHB (Vol. 4, Issue 3).
Susanti, E. (2020). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588
Yuniar Rahmadieni (2022). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan pemasaran berbasis teknologi pada UMKM Di Desa Bulusulur. In Al Basirah Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 2, Issue 1). https://e-journal.staimaswonogiri.ac.id/index.php/albasirah
Copyright (c) 2024 Kurniawati Darmaningrum, Susilaningtyas Budiana Kurniawati, Laksono Sumarto, Mrihrahayu Rumaningsih, Rini Adiyani, Darsono Darsono, Ori Dimas Tri Prasetyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).