STRATEGI DIGITAL MARKETING UMKM HOSPITALITY TEMAN NGINAP YOGYAKARTA
Abstract
Industri penginapan dan hospitality di Daerah Istimewa Yogyakarta berkembang dengan sangat pesat dan padat pemain. Sebagian besar penginapan dikelola oleh UMKM yang memiliki modal dan pengetahuan terbatas dalam memasarkan unit serta menghadapi persaingan. Pengabdian ini akan menggali permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Teman Nginap yang melakukan pengelolaan penginap sejak tahun 2011. Permasalahan yang dihadapi adalah kesulitan dalam pengelolaan pemasaran serta kebutuhan untuk mengenali kebutuhan konsumen. Metode yang dilakukan pada pengabdian ini dengan menggunakan Forum Group Discussion, penggalian data sekunder berdasarkan ulasan online konsumen dan penyuluhan dengan pendekatan teori serta praktisi. Berdasarkan aktifitas yang telah dilakukan ditemukan bahwa secara keseluruhan unit yang dikelola oleh UMKM Teman Nginap memuaskan bagi konsumen tetapi UMKM ini masih kurang dalam pemanfaatan Digital Marketing dengan program yang terstruktur serta rutin.
References
Ariyani, A., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Harga, Lokasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 22–28.
Badan Pusat Statistik Provinsi DIY. (2017). Jumlah Akomodasi Hotel Non Bintang, 2015-2016. https://yogyakarta.bps.go.id/id/statistics-table/2/OTMjMg==/jumlah-akomodasi-hotel-non-bintang.html
Badan Pusat Statistik Provinsi DIY. (2025, February 3). Perkembangan Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Desember 2024. https://yogyakarta.bps.go.id/id/pressrelease/2025/02/03/1611/perkembangan-pariwisata.html
BAPPERIDA Provinsi DIY. (2025). Jumlah Kamar Hotel, Tingkat Hunian Kamar Hotel, dan Rata-Rata Lama Tinggal. https://bapperida.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/index/216-jumlah-kamar-hotel-tingkat-hunian-kamar-hotel-dan-rata-rata-lama-tinggal?id_skpd=200
BP3KSDMT Kementerian Perhubungan. (2023). Apa Pengertian dari Penyuluhan? https://bp3ksdmt.ac.id/apa-pengertian-dari-penyuluhan/
Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Lina, N. P. M., & Yudistira, I. B. P. S. (2024). Feasibility Study of Buyer Persona Expert System Using a Combination of Segmenting, Targeting, Positioning (STP) and Persona Models (pp. 846–855). https://doi.org/10.2991/978-94-6463-622-2_93
Elliot, G., Rundle-Thiele, S., Waller, D., Smith, S., Eades, L., & Bentrott, E. (2017). Marketing. WILEY.
Ferdiansyah, M. R., & Tricahyono, D. (2023). Identifikasi Faktor-faktor Penghambat Implemantasi Transformasi Digital Pada UMKM (Studi Kasus Hotel Flamboyan Indah). Jurnal Ilmiah MEA, 7(2), 1583–1595.
Jain, R., & Jain, S. (2022). Analyzing and Exploring the Effectiveness of Each Element of 7Ps of Marketing Mix. International Journal of All Research Education and Scientific Methods (IJARESM), 10(1), 2455–6211.
Karim, R., Normah, Marzuki, A., Haider, S., Nelofar, M., & Muhammad, F. (2021). The Impact of 4Ps Marketing Mix in Tourism Development in the Mountain Areas: A Case Study. International Journal of Economics and Business Administration, IX(Issue 2), 231–245. https://doi.org/10.35808/ijeba/700
Khan, M. T. (2014). The Concept of “Marketing Mix.†International Journal of Information, Business and Management, 6(2), 95–107.
Kwok, L., Tang, Y., & Yu, B. (2020). The 7 Ps marketing mix of home-sharing services: Mining travelers’ online reviews on Airbnb. International Journal of Hospitality Management, 90. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2020.102616
Nurhayaty, M. (2022). Strategi Mix Marketing (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) 7P Di PD Rasa Galendo Kabupaten Ciamis. Jurnal Media Teknologi, 7(2), 119–127.
Nurimani, G. S. (2022). Strategi Promosi di Media Sosial dalam Menarik Minat Beli Produk Pakaian. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 54–58. https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i1.1007
Oktapiana, A., & Soelistyowati, R. D. (2024). Aktivitas Content Creator Travel Mau Kemana Si Dalam Menarik Minat Customer Melalui Media Sosial Instagram. INNOVATIVE: Journal of Science Research, 4(4), 1–13.
O.Nyumba, T., Wilson, K., Derrick, C. J., & Mukherjee, N. (2018). The use of focus group discussion methodology: Insights from two decades of application in conservation. Methods in Ecology and Evolution, 9(1), 20–32. https://doi.org/10.1111/2041-210X.12860
Sari, N. N., Suprapto, B., Adyantari, A., & Yupanzara Dharomesz, V. (2023). Strategi Pemasaran Digital, Branding dan Survei Pasar Produk Olahan Mawar Sapuangin. Jurnal Atma Inovasia (JAI), 3(5).
Sihite, E. B. O., Silalahi, E. M., & Nempung, J. I. (2022). UMKM Terhubung Platform Teknologi Digitalisasi Dapat Bertahan Terhadap Dampak Pandemic Covid-19 di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Jurnal Comunita Servizio, 4(1), 717–737.
Suhendi, S. (2023). ANALISIS PENGARUH STRATEGI DIGITAL MARKETING TRIFECTA TERHADAP MINAT BELI PADA PRODUK SKINCARE (Studi Kasus Rodeos Brand Skincare PT. Utiface Selamet Nugraha).
Taherdoost, H. (2021). Data Collection Methods and Tools for Research; A Step-by-Step Guide to Choose Data Collection Technique for Academic and Business Research Projects. In International Journal of Academic Research in Management (IJARM) (Vol. 10, Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/359596426
Wardhana, D. Y., Pramusiwi, A. D., Handoko, D. W., & Aribawa, D. (2025). Optimalisasi Penyampaian Informasi BUMDes Amarta melalui Transformasi Visual Menggunakan Canva. Jurnal Atma Inovasia (JAI), 5(1), 2025.
Widodo, W. S. (2020). Agen Perjalanan Online Berperan Penting Buat UKM Saat Pandemi. https://travel.detik.com/travel-news/d-5253717/agen-perjalanan-online-berperan-penting-buat-ukm-saat-pandemi
Copyright (c) 2025 Nadia Nila Sari, Endang Raino Wirjono, Debora Wintriarsi Handoko, Budi Suprapto, Efrem Aurell Mandietta Ardyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).