STRATEGI DIGITAL MARKETING UMKM HOSPITALITY TEMAN NGINAP YOGYAKARTA

  • Nadia Nila Sari Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Endang Raino Wirjono Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Debora Wintriarsi Handoko Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Budi Suprapto Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Efrem Aurell Mandietta Ardyanto Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Abstrak

Industri penginapan dan hospitality di Daerah Istimewa Yogyakarta berkembang dengan sangat pesat dan padat pemain. Sebagian besar penginapan dikelola oleh UMKM yang memiliki modal dan pengetahuan terbatas dalam memasarkan unit serta menghadapi persaingan. Pengabdian ini akan menggali permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Teman Nginap yang melakukan pengelolaan penginap sejak tahun 2011. Permasalahan yang dihadapi adalah kesulitan dalam pengelolaan pemasaran serta kebutuhan untuk mengenali kebutuhan konsumen. Metode yang dilakukan pada pengabdian ini dengan menggunakan Forum Group Discussion, penggalian data sekunder berdasarkan ulasan online konsumen dan penyuluhan dengan pendekatan teori serta praktisi. Berdasarkan aktifitas yang telah dilakukan ditemukan bahwa secara keseluruhan unit yang dikelola oleh UMKM Teman Nginap memuaskan bagi konsumen tetapi UMKM ini masih kurang dalam pemanfaatan Digital Marketing dengan program yang terstruktur serta rutin.

Referensi

Ariyani, A., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Harga, Lokasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 22–28.

Badan Pusat Statistik Provinsi DIY. (2017). Jumlah Akomodasi Hotel Non Bintang, 2015-2016. https://yogyakarta.bps.go.id/id/statistics-table/2/OTMjMg==/jumlah-akomodasi-hotel-non-bintang.html

Badan Pusat Statistik Provinsi DIY. (2025, February 3). Perkembangan Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Desember 2024. https://yogyakarta.bps.go.id/id/pressrelease/2025/02/03/1611/perkembangan-pariwisata.html

BAPPERIDA Provinsi DIY. (2025). Jumlah Kamar Hotel, Tingkat Hunian Kamar Hotel, dan Rata-Rata Lama Tinggal. https://bapperida.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/index/216-jumlah-kamar-hotel-tingkat-hunian-kamar-hotel-dan-rata-rata-lama-tinggal?id_skpd=200

BP3KSDMT Kementerian Perhubungan. (2023). Apa Pengertian dari Penyuluhan? https://bp3ksdmt.ac.id/apa-pengertian-dari-penyuluhan/

Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Lina, N. P. M., & Yudistira, I. B. P. S. (2024). Feasibility Study of Buyer Persona Expert System Using a Combination of Segmenting, Targeting, Positioning (STP) and Persona Models (pp. 846–855). https://doi.org/10.2991/978-94-6463-622-2_93

Elliot, G., Rundle-Thiele, S., Waller, D., Smith, S., Eades, L., & Bentrott, E. (2017). Marketing. WILEY.

Ferdiansyah, M. R., & Tricahyono, D. (2023). Identifikasi Faktor-faktor Penghambat Implemantasi Transformasi Digital Pada UMKM (Studi Kasus Hotel Flamboyan Indah). Jurnal Ilmiah MEA, 7(2), 1583–1595.

Jain, R., & Jain, S. (2022). Analyzing and Exploring the Effectiveness of Each Element of 7Ps of Marketing Mix. International Journal of All Research Education and Scientific Methods (IJARESM), 10(1), 2455–6211.

Karim, R., Normah, Marzuki, A., Haider, S., Nelofar, M., & Muhammad, F. (2021). The Impact of 4Ps Marketing Mix in Tourism Development in the Mountain Areas: A Case Study. International Journal of Economics and Business Administration, IX(Issue 2), 231–245. https://doi.org/10.35808/ijeba/700

Khan, M. T. (2014). The Concept of “Marketing Mix.†International Journal of Information, Business and Management, 6(2), 95–107.

Kwok, L., Tang, Y., & Yu, B. (2020). The 7 Ps marketing mix of home-sharing services: Mining travelers’ online reviews on Airbnb. International Journal of Hospitality Management, 90. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2020.102616

Nurhayaty, M. (2022). Strategi Mix Marketing (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) 7P Di PD Rasa Galendo Kabupaten Ciamis. Jurnal Media Teknologi, 7(2), 119–127.

Nurimani, G. S. (2022). Strategi Promosi di Media Sosial dalam Menarik Minat Beli Produk Pakaian. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 54–58. https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i1.1007

Oktapiana, A., & Soelistyowati, R. D. (2024). Aktivitas Content Creator Travel Mau Kemana Si Dalam Menarik Minat Customer Melalui Media Sosial Instagram. INNOVATIVE: Journal of Science Research, 4(4), 1–13.

O.Nyumba, T., Wilson, K., Derrick, C. J., & Mukherjee, N. (2018). The use of focus group discussion methodology: Insights from two decades of application in conservation. Methods in Ecology and Evolution, 9(1), 20–32. https://doi.org/10.1111/2041-210X.12860

Sari, N. N., Suprapto, B., Adyantari, A., & Yupanzara Dharomesz, V. (2023). Strategi Pemasaran Digital, Branding dan Survei Pasar Produk Olahan Mawar Sapuangin. Jurnal Atma Inovasia (JAI), 3(5).

Sihite, E. B. O., Silalahi, E. M., & Nempung, J. I. (2022). UMKM Terhubung Platform Teknologi Digitalisasi Dapat Bertahan Terhadap Dampak Pandemic Covid-19 di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Jurnal Comunita Servizio, 4(1), 717–737.

Suhendi, S. (2023). ANALISIS PENGARUH STRATEGI DIGITAL MARKETING TRIFECTA TERHADAP MINAT BELI PADA PRODUK SKINCARE (Studi Kasus Rodeos Brand Skincare PT. Utiface Selamet Nugraha).

Taherdoost, H. (2021). Data Collection Methods and Tools for Research; A Step-by-Step Guide to Choose Data Collection Technique for Academic and Business Research Projects. In International Journal of Academic Research in Management (IJARM) (Vol. 10, Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/359596426

Wardhana, D. Y., Pramusiwi, A. D., Handoko, D. W., & Aribawa, D. (2025). Optimalisasi Penyampaian Informasi BUMDes Amarta melalui Transformasi Visual Menggunakan Canva. Jurnal Atma Inovasia (JAI), 5(1), 2025.

Widodo, W. S. (2020). Agen Perjalanan Online Berperan Penting Buat UKM Saat Pandemi. https://travel.detik.com/travel-news/d-5253717/agen-perjalanan-online-berperan-penting-buat-ukm-saat-pandemi

Diterbitkan
2025-06-28
Bagian
Articles