PENGUATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA BERBASIS NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI PONDOK PESANTREN KOTA BENGKULU
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memfasilitasi kebutuhan akan pentingnya keterampilan menyimak dan keterampilan berbicara berbasis nilai-nilai moderasi beragama di pondok pesantren kota Bengkulu serta meinternalisasikan nilai-nilai moderasi dalam implementasi kegiatan belajar mengajar. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Pancasila dan Pondok Pesantren Darussalam kota Bengkulu berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini dapat dilihat pada saat proses kegiatan peserta Pkm antusis mengikuti dan bertanya terkait dengan materi yang diberikan. Hasil pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan terhadap pemahaman keterampilan berbahasa berbasis moderasi beragama dengan nilai skor pre test untuk Pondok pesantren pancasila sebesar 10 peserta yang diatas skor 70 menjadi 28 atau 80% peserta yang mendapatkan skor diatas 70 dari 35 peserta. Sedangkan di MTs Darussalam hasil pre test yang didapat sebanyak 7 orang, sedangkan post test yang mendapatkan skor diatas 70 sebnayak 26 peserta atau 74%.
References
Eka, I.-N., Budianto -Bradley, P.-H., Rahmi, S.-M.-S., Safrina, L., Rabbi, A., Rendy, A.-, Wulan, A.-I., Mariyeta, D.-E.-L., Ayu, B.-C., Wardhani, N.-R., Zelia, V., & Warda, Y. (2023). Narasi, Literasi, Dan Bahasa Dalam Peningkatan Kompetensi. Www.Akademiapustaka.Com
Hamidah, N. Z., & Machmudah, U. (2023). Prosiding Konferensi Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Arab. 3, 2828–5603.
Hanifa Sukma, H., & Fakhrur Saifudin, Mp. M. (2021). Keterampilan Menyimak Dan Berbicara: Teori Dan Praktik.
Marzuqi, I. (2019). Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Mulyati, Y., & Pd, M. (N.D.). Hakikat Keterampilan Berbahasa.
Nyoman Tantri, N., Jurnal, R., & Kunci, K. (2018). Pentingnya Keterampilan Berbahasa Untuk Meningkatkan Soft Skill Umat Hindu. In Jurnal Satya Widya (Vol. 1).
Wijayanto, A., Sayyid, U., & Tulungagung, A. R. (2024). Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Internasional. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.13853690
Â
Copyright (c) 2025 Ikke Wulan Dari, Dina Putri Juni Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).