PENGABDIAN MASYARAKAT : BIMTEK STRATEGI MENDIDIK ANAK DI SEKOLAH
Abstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa bimbingan teknis (bimtek) yang bertujuan meningkatkan kapasitas guru PAUD dalam menerapkan strategi pendidikan yang efektif dan kontekstual, serta mendorong keterlibatan orang tua sebagai mitra aktif dalam mendidik anak di sekolah. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan antara metode pembelajaran konvensional yang masih dominan dan kebutuhan akan pembelajaran yang lebih adaptif dan inklusif.
Metode pengabdian yang digunakan terdiri dari empat tahapan utama: sosialisasi dan diskusi terbuka, pelatihan metode pengajaran aktif, simulasi kelas, serta evaluasi dan refleksi. Kegiatan dilaksanakan dalam satu hari dengan pendekatan partisipatif dan berorientasi pada praktik langsung di lapangan. Peserta bimtek terdiri dari guru PAUD dan utusan oramg tua anak di Kota Makassar. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kompetensi guru, terutama dalam perencanaan pembelajaran tematik dan pengelolaan kelas berbasis pendekatan aktif. Selain itu, keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak meningkat melalui pembentukan komunikasi digital dan kolaborasi rutin. Lingkungan belajar menjadi lebih inklusif dan mendukung, dengan inisiatif tindak lanjut dari sekolah seperti pembentukan komunitas belajar guru. Dampak awal terhadap siswa juga teridentifikasi, berupa peningkatan keaktifan dan motivasi belajar. Kontribusi kegiatan ini terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) terletak pada penerapan strategi pendidikan yang terintegrasi antara guru dan orang tua, yang berfokus pada pembelajaran aktif, karakter, dan inklusi. Pendekatan ini memperkaya praktik pendidikan di tingkat dasar, serta menjadi model bagi pengembangan program pelatihan guru yang kontekstual dan kolaboratif ke depannya.
References
A’yun, U. Q. (2024). Peran Lingkungan Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Sekolah Dan Di Rumah: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Darul Falah Jenawi. Sntekad, 1(2), 577–582. https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.16054
Agata, B., & Arifianto, Y. A. (2022). Strategi Pendidikan Kristiani Dalam Mempresentasikan Injil Bagi Anak Sekolah Minggu Prasekolah. Jurnal Efata Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 9(1). https://doi.org/10.47543/efata.v9i1.99
Azizah, F. H. L., & Wardhani, J. D. (2022). Pengaruh Pemberian Stimulasi Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6245–6257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3325
Baharun, H., & Finori, F. D. (2019). Smart Techno Parenting: Alternatif Pendidikan Anak Pada Era Teknologi Digital. Jurnal Tatsqif, 17(1), 52–69. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625
Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161
Fadillah, D. A. (2024). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 8(1), 43–48. https://doi.org/10.17509/jpa.v8i1.71679
Fajriani, K., Pancasilawati, A., Hasmawaty, H., & Liana, H. (2022). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Balogo. Antroposen?: Journal of Social Studies and HumanioraJurnal of Social Studies and Humaniora, 1(2), 92–104. https://doi.org/10.33830/antroposen.v1i2.4024.2022.Pembentukan
Legi, H., Riwu, M., & Hermanugerah, P. (2023). Pembelajaran Transformatif Kurikulum Merdeka di Era Digital. Journal Education Innovation (JEI), 1(1), 60–68.
Ligan, L. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9. Harati Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 73–84. https://doi.org/10.54170/harati.v2i1.89
Marbun, E. M., Siringo-ringo, Y. A., Simamora, L., Silaban, L. N. I. P., Simamora, M., & Nababan, D. (2022). Hidup Sebagai Anak Terang Dalam Keluarga Dan Lingkungan. JCS, 1(4), 833–836. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.117
Mukarromah, A. (2022). Pendidikan Dan Moral Pada Anak Usia Dini. Jser, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.3
Novianti, R., Copriady, J., & Ln, F. (2022). Parenting Di Era Digital: Telaah Pandangan Filsafat Progresivisme John Dewey. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6090–6101. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2671
Octaviana, S. A. R., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mendorong Partisipasi Orang Tua Pada Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5352–5360. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3063
Rahmatillah, A., & Dzulkarnain, I. (2023). Pola Asuh Demokratis Dalam Membangun Perilaku Anak (Studi Kasus Di Desa Batuan Kabupaten Sumenep). Autentik Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 32–41. https://doi.org/10.36379/autentik.v7i1.271
Rozan Taqi Junatama, Muhammad Zakry Ramadhan, & Gusmaneli Gusmaneli. (2025). Peran Guru dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Adaptif pada Pendidikan Islam di Era Merdeka Belajar. Hidayah?: Cendekia Pendidikan Islam Dan Hukum Syariah, 2(1), 23–35. https://doi.org/10.61132/hidayah.v2i1.794
Sabrina, M., Hairani, M., & Syahrial, S. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Antara Guru dan Orangtua dalam Mendukung Kemajuan Belajar Siswa di Sekolah Dasar Inpres Harekakae. Katalis Pendidikan?: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(2), 283–288. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i2.638
TIRTAYANTI, S. R. I. (2022). Edukasi Pendidikan Seks Dengan Media Video Animasi Untuk Pencegahan Sexual Abuse Pada Anak Usia Sekolah. Khidmah, 4(2), 529–536. https://doi.org/10.52523/khidmah.v4i2.397
Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480
Copyright (c) 2025 Hasmawaty Hasmawaty, Muhammad Yusri Bachtiar, Syamsuardi Syamsuardi, Muqimah Surganingsih, Hajerah Hajerah, Sadaruddin Sadaruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).