PENGABDIAN MASYARAKAT : BIMTEK STRATEGI MENDIDIK ANAK DI SEKOLAH

  • Hasmawaty Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Yusri Bachtiar Universitas Negeri Makassar
  • Syamsuardi Syamsuardi Universitas Negeri Makassar
  • Muqimah Surganingsih Universitas Negeri Semarang
  • Hajerah Hajerah Universitas Negeri Makassar
  • Sadaruddin Sadaruddin Universitas Islam Makassar
Kata Kunci: Educating Children, Technical Guidance

Abstrak

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa bimbingan teknis (bimtek) yang bertujuan meningkatkan kapasitas guru PAUD dalam menerapkan strategi pendidikan yang efektif dan kontekstual, serta mendorong keterlibatan orang tua sebagai mitra aktif dalam mendidik anak di sekolah. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan antara metode pembelajaran konvensional yang masih dominan dan kebutuhan akan pembelajaran yang lebih adaptif dan inklusif.

Metode pengabdian yang digunakan terdiri dari empat tahapan utama: sosialisasi dan diskusi terbuka, pelatihan metode pengajaran aktif, simulasi kelas, serta evaluasi dan refleksi. Kegiatan dilaksanakan dalam satu hari  dengan pendekatan partisipatif dan berorientasi pada praktik langsung di lapangan. Peserta bimtek terdiri dari guru PAUD dan utusan oramg tua anak di Kota Makassar. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kompetensi guru, terutama dalam perencanaan pembelajaran tematik dan pengelolaan kelas berbasis pendekatan aktif. Selain itu, keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak meningkat melalui pembentukan komunikasi digital dan kolaborasi rutin. Lingkungan belajar menjadi lebih inklusif dan mendukung, dengan inisiatif tindak lanjut dari sekolah seperti pembentukan komunitas belajar guru. Dampak awal terhadap siswa juga teridentifikasi, berupa peningkatan keaktifan dan motivasi belajar. Kontribusi kegiatan ini terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) terletak pada penerapan strategi pendidikan yang terintegrasi antara guru dan orang tua, yang berfokus pada pembelajaran aktif, karakter, dan inklusi. Pendekatan ini memperkaya praktik pendidikan di tingkat dasar, serta menjadi model bagi pengembangan program pelatihan guru yang kontekstual dan kolaboratif ke depannya.

Referensi

A’yun, U. Q. (2024). Peran Lingkungan Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Sekolah Dan Di Rumah: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Darul Falah Jenawi. Sntekad, 1(2), 577–582. https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.16054

Agata, B., & Arifianto, Y. A. (2022). Strategi Pendidikan Kristiani Dalam Mempresentasikan Injil Bagi Anak Sekolah Minggu Prasekolah. Jurnal Efata Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 9(1). https://doi.org/10.47543/efata.v9i1.99

Azizah, F. H. L., & Wardhani, J. D. (2022). Pengaruh Pemberian Stimulasi Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6245–6257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3325

Baharun, H., & Finori, F. D. (2019). Smart Techno Parenting: Alternatif Pendidikan Anak Pada Era Teknologi Digital. Jurnal Tatsqif, 17(1), 52–69. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625

Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161

Fadillah, D. A. (2024). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 8(1), 43–48. https://doi.org/10.17509/jpa.v8i1.71679

Fajriani, K., Pancasilawati, A., Hasmawaty, H., & Liana, H. (2022). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Balogo. Antroposen?: Journal of Social Studies and HumanioraJurnal of Social Studies and Humaniora, 1(2), 92–104. https://doi.org/10.33830/antroposen.v1i2.4024.2022.Pembentukan

Legi, H., Riwu, M., & Hermanugerah, P. (2023). Pembelajaran Transformatif Kurikulum Merdeka di Era Digital. Journal Education Innovation (JEI), 1(1), 60–68.

Ligan, L. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9. Harati Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 73–84. https://doi.org/10.54170/harati.v2i1.89

Marbun, E. M., Siringo-ringo, Y. A., Simamora, L., Silaban, L. N. I. P., Simamora, M., & Nababan, D. (2022). Hidup Sebagai Anak Terang Dalam Keluarga Dan Lingkungan. JCS, 1(4), 833–836. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.117

Mukarromah, A. (2022). Pendidikan Dan Moral Pada Anak Usia Dini. Jser, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.3

Novianti, R., Copriady, J., & Ln, F. (2022). Parenting Di Era Digital: Telaah Pandangan Filsafat Progresivisme John Dewey. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6090–6101. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2671

Octaviana, S. A. R., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mendorong Partisipasi Orang Tua Pada Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5352–5360. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3063

Rahmatillah, A., & Dzulkarnain, I. (2023). Pola Asuh Demokratis Dalam Membangun Perilaku Anak (Studi Kasus Di Desa Batuan Kabupaten Sumenep). Autentik Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 32–41. https://doi.org/10.36379/autentik.v7i1.271

Rozan Taqi Junatama, Muhammad Zakry Ramadhan, & Gusmaneli Gusmaneli. (2025). Peran Guru dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Adaptif pada Pendidikan Islam di Era Merdeka Belajar. Hidayah?: Cendekia Pendidikan Islam Dan Hukum Syariah, 2(1), 23–35. https://doi.org/10.61132/hidayah.v2i1.794

Sabrina, M., Hairani, M., & Syahrial, S. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Antara Guru dan Orangtua dalam Mendukung Kemajuan Belajar Siswa di Sekolah Dasar Inpres Harekakae. Katalis Pendidikan?: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(2), 283–288. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i2.638

TIRTAYANTI, S. R. I. (2022). Edukasi Pendidikan Seks Dengan Media Video Animasi Untuk Pencegahan Sexual Abuse Pada Anak Usia Sekolah. Khidmah, 4(2), 529–536. https://doi.org/10.52523/khidmah.v4i2.397

Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480

Diterbitkan
2025-07-13
Bagian
Articles