MINDFUL LEARNING BAGI KONSELOR SEKOLAH: MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Abstrak
Mindful Learning adalah pendekatan yang menawarkan pada penekanan kesadaran penuh dan fokus dalam melaksanakan setiap proses selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Mindful learning dapat diimplementasikan pada berbagai bidang terutama yang berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Bimbingan dan Konseling memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan yaitu memfasilitasi para siswa dalam menlaksanakan proses pembelajaran di sekolah. Implementasi mindfull learning dalam layanan Bimbingan dan Konseling akan dapat dilakukan dengan baik ketika para guru diberikan pelatihan mindfull learning guna meningkatkan kualitas layanan. Pelatihan Guru Bimbingan dan Konseling ini dilakukan dalam kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dengan menggunakan metode Community-Based Participatory Research (CBPR). Community-Based Participatory Research (CBPR). Kegiatan pelatihan mindfull learning ini dilakukan secara webinar dan diikuti oleh 290 peserta. Pelatihan Mindfull learning pada guru Bimbingan dan Konseling mampu memberikan wawasan kepada peserta untuk menginsersikan konsep mindfull learning dalam RPL Bimbingan dan Konseling.
Referensi
Abdurrochim, P. L., Hanifah, N., & ... (2024). Pengaruh Pendekatan Mindful Learning Terhadap Hasil Belajar Ipas Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 396–407. https://journal.um-surabaya.ac.id/pgsd/article/view/22704%0Ahttps://journal.um-surabaya.ac.id/pgsd/article/download/22704/8147
Amseke, F. V., & Blegur, J. S. T. (2024). Mindfulness terhadap Regulasi Diri dalam Belajar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 71–80. https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i2.364
Budianto, A., Marfu’atun, M., & Ariska, D. (2023). Bimbingan Klasikal Berbasis Mindfulness untuk Mencegah Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial Siswa. JKP: Jurnal Konseling Pendidikan, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.29408/jkp.v7i2.24150
Farial, F., Handayani, E. S., & Madihah, H. (2022). Pelatihan Mindfullness Counseling bagi Guru Bk untuk Mengurangi Kecemasan Pasca Pandemi bagi Remaja di Mts Muhammadiyah 3 Al Furqon. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 8(2). https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i2.7944
Kim, D. J. (2022). Mapping the mindfulness: An literature Review of mindfulness in educational field. Open Education Studies, 4(1), 136–147. https://doi.org/10.1515/edu-2022-0008
Lee, N., Kim, M., & Jung, M. (2024). Effects of a Mindfulness-based Education Program on Mindfulness, Emotional Regulation, Interoceptive Awareness, and University-life Adjustment for Korean University Freshmen. Journal of Research and Health, 14(1), 31–42. https://doi.org/10.32598/JRH.14.1.2358.1
Lee, W., McCaw, C. T., & Van Dam, N. T. (2024). Mindfulness in education: Critical debates and pragmatic considerations. British Educational Research Journal, 50(4), 2111–2130. https://doi.org/10.1002/berj.3998
Pratama, R. A., Salsabila, A., Artha, P., & Abidin, N. Z. (2024). Efektivitas mindful learning dalam konteks pendidikan di indonesia ( 2000-2024 ): Sebuah studi meta analisis. 13(2), 77–92.
Piscayanti, K. S. (2018). The power of mindful learning in professional development course. SHS Web of Conferences, 42, 00100. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200100
Pratama, R. A., Salsabila, A., Artha, P., & Abidin, N. Z. (2024). Efektivitas mindful learning dalam konteks pendidikan di indonesia ( 2000-2024 ). Sebuah studi meta analisis. 13(2), 77–92.
Putri, R., Mariyatul, S., Amalia, N., & Janvierna, M. F. (2024). Efektivitas Mindful Education dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mental , Prestasi Akademik , dan Keterampilan Sosial Siswa. 4(2), 66–72.
Saputro, U. G., Susilo, H., & Ekawati, R. (2023). Analisis Penerapan Mindfulness dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1214–1219. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1630
Santi, S., Andriyaningsih, A., Seneru, W., Burmansah, B., Luwiha, L., Pratama, A. S., & Suryanadi, J. (2024). Mindful Learning: Mindfulness Practice Matters for Students on the Quality of Learning in the Classroom. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 8(2), 53. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v8i2.95098
Schonert-Reichl, K. A., & Roeser, R. W. (Eds.). (2016). Handbook of Mindfulness in Education. Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-1-4939-3506-2
Sheinman, N., & Russo-Netzer, P. (2021). Mindfulness in Education: Insights Towards an Integrative Paradigm. In The Palgrave Handbook of Positive Education (pp. 609–642). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-64537-3_24
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).