MINDFUL LEARNING BAGI KONSELOR SEKOLAH: MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

  • Elia Firda Mufidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dimas Ardika Miftah Farid Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Aniek Wirastania Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Jahju Hartanti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Kata Kunci: mindful learning, guru, bimbingan dan konseling

Abstrak

Mindful Learning adalah pendekatan yang menawarkan pada penekanan kesadaran penuh dan fokus dalam melaksanakan setiap proses selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Mindful learning dapat diimplementasikan pada berbagai bidang terutama yang berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Bimbingan dan Konseling memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan yaitu memfasilitasi para siswa dalam menlaksanakan proses pembelajaran di sekolah. Implementasi mindfull learning dalam layanan Bimbingan dan Konseling akan dapat dilakukan dengan baik ketika para guru diberikan pelatihan mindfull learning guna meningkatkan kualitas layanan. Pelatihan Guru Bimbingan dan Konseling ini dilakukan dalam kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dengan menggunakan metode Community-Based Participatory Research (CBPR). Community-Based Participatory Research (CBPR). Kegiatan pelatihan mindfull learning ini dilakukan secara webinar dan diikuti oleh 290 peserta.  Pelatihan Mindfull learning pada guru Bimbingan dan Konseling mampu memberikan wawasan kepada peserta untuk menginsersikan konsep mindfull learning dalam RPL Bimbingan dan Konseling.

Referensi

Abdurrochim, P. L., Hanifah, N., & ... (2024). Pengaruh Pendekatan Mindful Learning Terhadap Hasil Belajar Ipas Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 396–407. https://journal.um-surabaya.ac.id/pgsd/article/view/22704%0Ahttps://journal.um-surabaya.ac.id/pgsd/article/download/22704/8147

Amseke, F. V., & Blegur, J. S. T. (2024). Mindfulness terhadap Regulasi Diri dalam Belajar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 71–80. https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i2.364

Budianto, A., Marfu’atun, M., & Ariska, D. (2023). Bimbingan Klasikal Berbasis Mindfulness untuk Mencegah Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial Siswa. JKP: Jurnal Konseling Pendidikan, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.29408/jkp.v7i2.24150

Farial, F., Handayani, E. S., & Madihah, H. (2022). Pelatihan Mindfullness Counseling bagi Guru Bk untuk Mengurangi Kecemasan Pasca Pandemi bagi Remaja di Mts Muhammadiyah 3 Al Furqon. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 8(2). https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i2.7944

Kim, D. J. (2022). Mapping the mindfulness: An literature Review of mindfulness in educational field. Open Education Studies, 4(1), 136–147. https://doi.org/10.1515/edu-2022-0008

Lee, N., Kim, M., & Jung, M. (2024). Effects of a Mindfulness-based Education Program on Mindfulness, Emotional Regulation, Interoceptive Awareness, and University-life Adjustment for Korean University Freshmen. Journal of Research and Health, 14(1), 31–42. https://doi.org/10.32598/JRH.14.1.2358.1

Lee, W., McCaw, C. T., & Van Dam, N. T. (2024). Mindfulness in education: Critical debates and pragmatic considerations. British Educational Research Journal, 50(4), 2111–2130. https://doi.org/10.1002/berj.3998

Pratama, R. A., Salsabila, A., Artha, P., & Abidin, N. Z. (2024). Efektivitas mindful learning dalam konteks pendidikan di indonesia ( 2000-2024 ): Sebuah studi meta analisis. 13(2), 77–92.

Piscayanti, K. S. (2018). The power of mindful learning in professional development course. SHS Web of Conferences, 42, 00100. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200100

Pratama, R. A., Salsabila, A., Artha, P., & Abidin, N. Z. (2024). Efektivitas mindful learning dalam konteks pendidikan di indonesia ( 2000-2024 ). Sebuah studi meta analisis. 13(2), 77–92.

Putri, R., Mariyatul, S., Amalia, N., & Janvierna, M. F. (2024). Efektivitas Mindful Education dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mental , Prestasi Akademik , dan Keterampilan Sosial Siswa. 4(2), 66–72.

Saputro, U. G., Susilo, H., & Ekawati, R. (2023). Analisis Penerapan Mindfulness dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1214–1219. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1630

Santi, S., Andriyaningsih, A., Seneru, W., Burmansah, B., Luwiha, L., Pratama, A. S., & Suryanadi, J. (2024). Mindful Learning: Mindfulness Practice Matters for Students on the Quality of Learning in the Classroom. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 8(2), 53. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v8i2.95098

Schonert-Reichl, K. A., & Roeser, R. W. (Eds.). (2016). Handbook of Mindfulness in Education. Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-1-4939-3506-2

Sheinman, N., & Russo-Netzer, P. (2021). Mindfulness in Education: Insights Towards an Integrative Paradigm. In The Palgrave Handbook of Positive Education (pp. 609–642). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-64537-3_24

Diterbitkan
2025-06-15
Bagian
Articles