PELATIHAN MICROSOFT OFFICE SEBAGAI UPAYA PENGUATAN LITERASI DIGITAL BAGI SISWA SD NEGERI 08 WARKUK RANAU SELATAN
Abstrak
Kemajuan teknologi digital menuntut penguatan keterampilan literasi digital sejak pendidikan dasar. Namun, tantangan berupa keterbatasan akses serta rendahnya penguasaan teknologi masih dihadapi di beberapa sekolah, termasuk SD Negeri 08 Warkuk Ranau Selatan. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dasar siswa dalam mengoperasikan aplikasi Microsoft Office, khususnya Word dan Excel, sebagai bagian dari upaya pengembangan literasi digital. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pendekatan Service Learning yang melibatkan mahasiswa sebagai fasilitator, melalui model pembelajaran yang menekankan praktik langsung, diskusi interaktif, dan pendampingan individual. Materi pelatihan difokuskan pada pembuatan dan pengeditan dokumen di Microsoft Word serta pengolahan data dasar menggunakan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil evaluasi, siswa menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam mengaplikasikan kedua aplikasi secara mandiri, serta tumbuhnya kepercayaan diri dalam penggunaan teknologi informasi. Program ini direkomendasikan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan di sekolah lainnya yang memiliki tantangan serupa guna memperluas jangkauan literasi digital di tingkat dasar.
Referensi
Awaru, A. O. T., Syam, A., Rahman, A., Torro, S., Ferdiansyah, E., & Khatimah, A. K. (2021). Workshop Edukasi Microsoft Office 365 Dalam Upaya Optimalisasi Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 478–490. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4078
Charles Kivunja. (2014). Understanding and teaching the critical 21st-century skills. International Journal of Higher Education, 3(2), 37–45. https://doi.org/10.5430/ijhe.v3n2p37
DaftarSekolah.net. (2025). Profil & Data Sekolah SDN 08 Warkuk Ranau Selatan. https://daftarsekolah.net/sekolah/168085/sdn-08-warkuk-ranau-selatan
Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100
Ernawati. (2024). Instructional Technology In Education: A Review Of Learning Approaches And Methods. International Journal of Educational Technology and Innovation (EduTechno), 1(1), 18–25.
Fadliansyah, F., Sopiyanti, A., Fahrian, R., Tsania, A. B., Humayyah, H., Alpiah, S., Ningsih, R., Indrivani, N. N., Rahavu, S., Fahressa, A., Tulianah, P. M., Akbar, M. R., Saripudin, S., Ariani, E., Zulfa, Z., Nurapipah, N., Maulina, N., Lestari, F. B., Carla, A. T., Sakila, I., Maulida, S. P., Maharani, S., Sri, E. D., Iklima, S. F., Halivah, S., Nur, A. M., Nisa, W., & Zahra, C. L. (2024). Teknologi Informasi dan Komunikasi. UPG Press.
Krisdianto, A. (2024). Word dan Excel untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Patmawati, S., & Santika, R. (2017). Pemanfaatan Microsoft Excel dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(3), 55–70.
Riska Rahman Tanjung, Annida Azhari Ritonga, Bintang Mahrani Abdullah, Nita Afriani Siregar, & Armilah Armilah. (2024). Transformasi Digital dalam Pendidikan: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Teknologi. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 211–217. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i2.2195
Satiti, W. S., Airlangga, P., Nasrulloh, M. F., Khotimah, K., Jannah, A. A., Afnani, D. M., Haqiyah, B. I., & Arifin, M. (2024). Pelatihan Microsoft-Office Dasar untuk Mendukung Kemampuan Komputasi Pemuda-pemudi Karangtaruna Desa Dukuhmojo Jombang. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 6–13. https://doi.org/10.33752/dinamis.v4i1.6044
Subkhi, A., Riyandoko, A., Al-Walad, B. M. M., Umar, D., Razak, D. H., Sakinah, F. Y., Esterika, G., Murod, M. A., & Sunarya, R. D. (2022). Pengenalan Dasar Aplikasi Microsoft Word Bagi Anak Yayasan As-Syari’iyyah. 1(2).
Waqfin, M. S. I., Rohmatullah, M., Kharisma, Z. N., & Rahayu, S. N. (2023). Optimalisasi Pelatihan Microsoft Office Word Bagi Kelas 6 di SDN Pulorejo Tembelang Jombang.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).