PENGUATAN BRANDING DAN PEMASARAN PRODUK UMKM RAMBAK KULIT SAPI MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING DI KAMPUNG RAMBAK CAWAS KLATEN

  • Erna Indriastiningsih Universitas Sahid Surakarta
  • Farid Fitriyadi Universitas Sahid Surakarta
  • Anita Oktaviana Trisna Devi Universitas Sahid Surakarta

Abstrak

UMKM rambak kulit sapi di Kampung Rambak, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten memiliki potensi ekonomi yang besar namun masih menghadapi tantangan dalam hal branding dan pemasaran. Minimnya pemanfaatan teknologi digital menyebabkan jangkauan pasar produk masih terbatas pada area lokal. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam memanfaatkan strategi digital marketing untuk penguatan brand dan perluasan pasar industry mereka. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan, pelatihan teknis penggunaan media sosial (Instagram, Facebook, WhatsApp Business, Tiktok, Shopee), pembuatan konten digital, serta pendampingan branding produk. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam mengelola media sosial untuk promosi, membuat desain visual sederhana, serta merancang identitas merek yang lebih menarik. Selain itu, beberapa UMKM mulai mendapatkan respon positif dari konsumen luar daerah melalui platform digital. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal menuju kemandirian digital pelaku UMKM rambak kulit sapi di Kampung Rambak, serta memperkuat eksistensi produk lokal di tengah persaingan pasar modern.

Referensi

Maulana, Z., Chanif Hidayat, M., & Agustina, I. (2022). Using Digital Marketing for Small and Medium Enterprises (SMEs) in Bumdes Remboko Sumberrejo Village Sleman Regency. SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat?: Teknologi Dan Aplikasi), 3(1), 31–38. https://doi.org/10.12928/spekta.v3i1.4563

Nugraha, R., Rahman, U., Suriadi, Sukriwa, & Basri, S. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Product Branding dan Digital Marketing pada UMKM Perkebunan Masyarakat Desa Cenrana Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat?: BERNAS, 5(1), 1039–1054.

Pandapotan Sitompul. (2022). Digitalisasi Marketing UMKM. Seminar Nasional Manjemen Dan Akuntansi, Vol. 1 No. 1 (2022): Tahun 2022, 1–28. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/SMA/article/view/2215

Purbowo, P., Lilawati, E., Febia, R. A., Anwar, H., & Anam, N. (2023). Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM Desa Ngogri Megaluh. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 16–18. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v4i1.3144

Robby Yuli Endra, Miniawati Barusman, T., Dunan, H., A, A., Purisky Redaputri, A., Syahputra, M. B., & Nuur Rasyid, S. (2023). Pelatihan Dasar Digital Marketing untuk Peningkatan Penjualan Produk Umkm di Desa Ganjar Asri Metro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 141–147. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v2i2.70

Sinta, D., & Zulfa Naftali, F. (2024). Optimalisasi Peran Dinas Koperasi Dan Umkm Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Melalui Program 4 P Guna Terwujudnya Kesejahteraan Masyarakat Kota Semarang. Communnity Development Journal, 5(2), 3389–3397.

Suryani, T., Fauzi, A. A., & Nurhadi, M. (2021). Enhancing brand image in the digital era: Evidence from small and medium-sized enterprises (smes) in Indonesia. Gadjah Mada International Journal of Business, 23(3), 314–340. https://doi.org/10.22146/gamaijb.51886

Diterbitkan
2025-07-10
Bagian
Articles