LITERASI EKONOMI DIGITAL PADA KARANG TARUNA DESA TELUK PAMBANG KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS RIAU
Abstrak
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi ekonomi digital di kalangan pemuda Karang Taruna Desa Teluk Pambang, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR), kegiatan ini menyasar 19 peserta dan dilaksanakan melalui pelatihan satu hari pada 20 Juni 2025. Materi pelatihan mencakup motivasi berwirausaha digital, strategi peningkatan daya saing, serta etika transaksi digital dalam perspektif Islam. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 84% peserta merasa lebih percaya diri untuk memulai usaha digital dan 100% menyatakan ketertarikan mengikuti pelatihan lanjutan. Pendekatan partisipatif ini terbukti mampu meningkatkan pemahaman, keterampilan praktis, serta semangat kolaboratif di kalangan pemuda desa. Kegiatan ini diharapkan menjadi titik awal transformasi ekonomi berbasis digital yang inklusif dan berkelanjutan di tingkat desa.
Referensi
Bengkalis, BPS Kabupaten. 2022. “Profil Desa Dan Kelurahan Kecamatan Bantan. Bengkalis.”
Bringle, R. G, and J. A Hatcher. 1996. “Implementing Service Learning in Higher Education. The Journal of Higher Education.” ???? ????? 66 (December): 37–39.
Dhani Gunawan Idat. 2019. “Memanfaatkan Era Ekonomi Digital Untuk Memperkuat Ketahanan Nasional.” Jurnal Kajian Lemhannas RI, no. 38.
Estijayandono, Kristianto Dwi. 2019. “Etika Bisnis Jual Beli Online Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 3 (1): 53–68. https://doi.org/10.26618/j-hes.v3i1.2125.
Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif. 2019. “Pemetaan Potensi Ekonomi Kreatif Di Wilayah Perdesaan.” Jakarta.
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. 2021. “Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi.”
Putri, A. N. & Hidayat, T. 2016. “"Penerapan Sertifikasi Halal Pada UMKM Kuliner Di Surabaya.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 4 (1): 1–23.
RI, Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2020. “Digital Literacy for Lifelong Learning.”
Yin, Eden, and Abeer Mahrous. 2022. “Covid-19 Global Pandemic, Workplace Spirituality and the Rise of Spirituality-Driven Organisations in the Post-Digital Era.” Journal of Humanities and Applied Social Sciences. https://doi.org/10.1108/jhass-11-2021-0177.
Zulfikar Hasan, Saifunnajar. 2021. “The Impact of Gross Enrollment Ratio ( GER ) of Tertiary Education in Indonesia on the Literacy and Inclusion Index?: A Case Study Of Islamic Finance in Indonesia.” Al-Amwal?: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah 13 (2): 203–14. https://doi.org/10.24235/amwal.v.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).