Implementasi Spirit Keilmuwan Wahyu Memandu Ilmu Dalam Bidang Pendidikan Jasmani

  • Alvin Yanuar Rahman UIN Sunan Gunung Djati, Bandung
Abstract views: 11 , PDF downloads: 8
Keywords: Pendidikan Jasmani, Wahyu Memandu Ilmu

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pendidikan jasmani menurut perspektif Islam, ditinjau dari kegiatan pendidikan jasmani dikampus. Metodologi penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kepustakaan (Library Research), suatu research kepustakaan murni. Diharapkan spirit WMI dalam ilmu pendidikan jasmani dapat  menjelaskan  tubuh  memiliki  nilai yang tidak dapat dipisahkan dengan aktivitas-aktivitas yang lain berkaitan dengan pekerjaan, ibadah, dan berjihad di jalan Allah SWT. Ilmu pendidikan jasmani menunjukan bahwa pendidikan jasmani berorientasi pada pembentukan tubuh yang kuat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan gerak badan, yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan  gerak  seperti  kekuatan  tubuh, daya tahan tubuh, dan kelentukan. Pendidikan Jasmani menumbuh kembangkan pada sikap yang terbentuk dengan pengetahuan, keterampilan intelektual, dan kemampuan intelektual. Pada akhirnya mewujudkan perilaku sosial kemasyarakatan dengan keterampilan bersikap, kemampuan bertanggung jawab, dan keterampilan personalitas. Sebab, tubuh  dikatakan sebagai tumpuan dan sarana dalam segala bentuk aktivitasnya, seperti halnya waktu melakukan ibadah, ketika melakukan pekerjaan, dan berjihad dijalan Allah SWT seperti membela negara, bangsa dan agama. Pendidikan Jasmani dengan spirit WMI menciptakan generasi yang baik budi dan pekertinya untuk memperkuat dan menuju kearah manusia yang dapat menjadi hamba-Nya yang baik, karena secara umum bertujuan untuk menciptakan generasi yang paripurna dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah agar menjadi hamba yang bertaqwa.

References

Aan Wahyudin. (2007). Mendidik Anak Perempuan di Masa Remaja, Jakarta: Amzah.
Ade Hashman. (2012). Rahasia Kesehatan Rasulullah, Jakarta: Noura Books.
Ibnu Abdul Khakam Syukry. (2004) (terj), Sehat Jasmani Cerdas Ruhani, Jakarta: Hikmah.
Ichwan Fauzi, dkk. (2011). Ensiklopedia Nabi Muhammad SAW dalam Ragam Gaya Hidup. Jakarta: PT Lentera Abadi.
Irawan, dkk., (2019) Master Plan WMI Consortium/Irawan, Dkk.-Ed.1, Cet. 1., Depok: Murai Kencana
Irawan, dkk., (2019) Kebijakan dan Pedoman Penerapan WMI/Irawan, Dkk.- Ed. 1, Cet. 1., Depok: Murai Kencana
Irawan, dkk., (2019) Buku Pengantar WMI/Irawan, Dkk. –Ed. 1, Cet. 1., Depok: Murai Kencana
Kuswandani, dkk. (1997) Mendidik Anak Bersama Rasulullah, Bandung: Al-Bayan.
Rusli Lutan, & Cholik, T. (1997). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Buku materi pokok, Depdikbud-Dikdasmen, BP2MG Penjaskes Setara D-II, Universitas Terbuka, Jakarta.
Rusmin Tumanggor dkk. (2005). Wanita dan Kesehatan, Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.
Supandi, K. (1990). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Buku Pegangan Mahasiswa. Bandung: FPOK IKIP Bandung.
Zainuddin. (1991). Seluk-Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2020-01-30
How to Cite
Alvin Yanuar Rahman. (2020). Implementasi Spirit Keilmuwan Wahyu Memandu Ilmu Dalam Bidang Pendidikan Jasmani. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 1-12. Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/1125