ANALISIS BIOMEKANIKA TIMER TAHAP IMPACT SAMPAI FOLLOWTROUGH FOREHAND TENIS KLUB TUNESIA

  • Untung Nugroho Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Agus Supriyoko Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Tenis, Impact, Biomekanika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kinerja teknik forehand groundstroke tenis lapangan pada atlet Klub Tunesia. Selain itu penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan gerak teknik forehand groundstroke tenis lapangan yang sering terjadi.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan satu variabel, yaitu forehand groundstroke tenis lapangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan teknik observasi. Intstrumen yang digunakan adalah kisi-kisi lembar analisis dan video. Populasi penelitian ini adalah atlet tenis Club TUNESIA yang berjumlah 5 orang atlet. Dari populasi tersebut digunakan sebagai sampel. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria yang pernah mengikuti kejuaraan daerah maupun kejuaraan nasional. Teknik analisis data penelitian adalah deskriptif dan persentase dengan perhitungan pada masing-masing tahap dan menggunakan analisis sistem perangkat lunak untuk mengetahui lebih jelas kinerja teknik forehand groundstroke yang dilakukan atlet tenis lapangan Atlet Tunesia.

References

Abdul Alim. (2010). Analisis biomekanik teknik servis tenis lapangan pada atlet pelatda PON DIY tahun 2008. Tesis, Yogyakarta: Pascasarjana UNY.
Bambang Mujiono. (2008). Analisis gerak teknik tendangan sabit pada atlet pencak silat PPLM DIY (Sebuah Analisis Biomekanika), Skripsi, Yogyakarta: FIK UNY.
Bompa, Tudor O. (1999). Theory and methodology of training, (fourth edition), Dubuque, iowa: Kendal/Hunt Publishing Company.
Budi Setyo Wahadi. (2001). Perbedaan akurasi antara forehand groundstrokes top spin dan backhand groundstrokes top spin.(Skripsi). Yogyakarta: FIK UNY.
Bornemann. R, Gabler. R. H, Reetz. J, Schonborn. R. (2000). Tennis course volume 1. Techniques and tactics. Hauppauge, New York: Barron’s Educational Series.
Bornemann, et.al. (2000). Tennis course volume 2. Lesson and training, English language edition. Hongkong: Barron’s educational Series, Inc.
Brody. H, Rod Cross, Lindsey. C. (2002). The physics and technology of tennis. Solana Beach, California USA: USRSA.
Brown, Jim. (2001). Tenis tingkat pemula (Terjemahan). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Crespo, Miquel, Dave and Miley. (1998). ITF advance manual. Roehampton, London: ITF.
Crespo, et.al. (2002). Developing young tennis players. Roehampton, London: ITF.
Elliot Bruce, Marchar R and Crespo M. (2003). Biomechanics of advance tennis. Spain: The International Tennis Federation, ITF.
O'Malley, A. James (2008) "Probability formulas and statistical analysis in tennis," Journal of Quantitative Analysis in Sports: Vol. 4: Iss. 2, Article 15.
Published
2020-08-03
How to Cite
Untung Nugroho, & Agus Supriyoko. (2020). ANALISIS BIOMEKANIKA TIMER TAHAP IMPACT SAMPAI FOLLOWTROUGH FOREHAND TENIS KLUB TUNESIA. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 6(2), 1-9. Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/1409