PEMBELAJARAN RENANG GAYA DADA DENGAN MEDIA ALAT BANTU GALON RAKIT

  • Galuh Hendityo Wicaksono Universitas Wahid Hasyim Semarang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar renang gaya dada. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi UNWAHAS tahun angkatan 2022 dengan menggunakan alat bantu Galon Rakit. Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa reguler kelas A dan B sejumlah 60 mahasiswa. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan masing masing siklus terdapat empat sesi antara lain; (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam hasil pembelajaran renang gaya dada menggunakan alat bantu Galon Rakit dapat dijadikan referensi untuk mengajar matakuliah renang kepada mahasiswa ditahun ajar berikutnya.

References

Arhesa, S. (2020). IDENTIFIKASI FAKTORFAKTOR PENGHAMBAT BELAJAR RENANG. Journal Respecs, 57-62.

Asnawir & M.Basyirudin Usman (2002). “Media Pembelajaran”. Jakarta:Ciputat Pers.

Fahreza Okta Setyawan, O. M. (2022). Buku Panduan Renang. Malang: UB Media.

Galuh Hendityo Wicaksono, C. W. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA ALAT BANTU RENANG GALON RAKIT UNTUK PEMULA. Jurnal Ilmiah Penjas.

Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya.

Ilham, A. K. (2020). Dasar Dasar Olahraga Renang. Jambi: Anggota IKAPI.

Septantiningtyas, Niken dkk. (2019).Penelitian Tindakan Kelas. In eBook (pp.5-6). Lakeisha

Susanto, E. 2014. Pembelajaran akuatik prasekolah. Yogyakarta: UNY Press

Published
2024-01-16
How to Cite
Galuh Hendityo Wicaksono. (2024). PEMBELAJARAN RENANG GAYA DADA DENGAN MEDIA ALAT BANTU GALON RAKIT. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 10(1), 1-11. https://doi.org/10.36728/jip.v10i1.2886