PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PERMAINAN TRADISIONAL

  • Luncana Faridhoh Sasmito Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta
Keywords: Gaya Belajar, Permainan Tradisional, Literasi, Numerasi

Abstract

Permainan tradisional adalah sebuah wadah bagi peserta didik untuk melepas penat dari berbagai kegiatn nya pada setiap hari se usai sekolah. Kegiatan pembelajaran yang kurang menarik menjadikan peserta didik ini enggan untuk belajar dengan focus. Pembelajaran yang digunakan guru tidak tepat sehingga peserta didik kurang optimal dalam penyerapan informasi yag di sampaikan. Literasi dan numerasi yang seakan harus menjadikan tolak ukur dalam pembelajaran dan menjadi momok tersendiri bagi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengenalkan pada peserta didik bahwasanya pembelajaran bisa di laksanakan dengan riang gembira dan harus tidak harus hanya menggunakan satu jenis gaya belajar saja. Kegiatan pembelajaran bisa di selingi dengan permainan agar peserta didik ammapu menyerap dan menerima informasi yang di sampaikan secara optimal. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas yang dimana ada 2 siklus penelitian yang dilaksanakan. Setiap siklus memiliki empat tahapan yakni persiapan, pelaksanakan, evaluasi dan refleksi. Untuk metode pengumpulan adatanya ada 3 cara yakni dengan wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya kenaikan hasil belajar peserta didik dari yang sebelumnya di bawah KKM 70, menjadi di atas rata-rata KKM yakni 87 dari 20 peserta didik hanya menyisakan 1 peserta didik yang belum tuntas.

References

Agustin, N., & Maryani, I. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Uad Press.

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Dian Apriani. (2013). Penerapan Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B RA Al Hidayah 2 Tarik Sidoarjo. PAUD Teratai, 2(1), 1–13. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/35822%0Ahttps://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/download/35822/31862

Fitriana, E., & Khoiri Ridlwan, M. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1), 1284–1291. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2012). Gaya belajar: Kajian teoritik. Pustaka Pelajar.

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484

Mulyana, Y., & Lengkana, A. S. (2019). Permainan tradisional. Salam Insan Mulia.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19

Narayanan, M. (2012). Assessment of learning using Fleming & Mills’ VARK learning styles. 2012 ASEE Annual Conference & Exposition, 25–226.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Priyatna, A. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak! Elex Media Komputindo.

Rini, Y. S. (2013). Pendidikan: hakekat, tujuan, dan proses. In Jogyakarta: Pendidikan Dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta.

Safitri, T., Sari, D. I., & Masnawati, E. (2023). METODE EDUKASI BERTUTUR BAHASA MADURA PADA PEMBELAJARAN CEMARA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASIDAN NUMERASI SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1, 42–55.

Soedijarto, S. (2006). Kemampuan Profesional Guru dan Kemampuan Akademik Pendidikan Nasional. Perspektif Ilmu Pendidikan, 13(VII), 48–59. https://www.neliti.com/publications/259491/kemampuan-profesional-guru-dan-kemampuan-akedemik-dosen-dalam-upaya-peningkatan

Utari, R., Madya, W., & Pusdiklat, K. (2011). Taksonomi bloom. In Jurnal: Pusdiklat KNPK (Vol. 766, Issue 1).

Published
2023-07-31
How to Cite
Luncana Faridhoh Sasmito. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PERMAINAN TRADISIONAL. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 9(2), 257-272. https://doi.org/10.36728/jip.v9i2.2989