MINAT BELAJAR SISWA, GAYA BELAJAR SISWA, DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP METODE MENGAJAR GURU DENGAN HASIL PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN OLAHRAGA

  • NOWO TRI PURNOMO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara Minat Belajar Siswa dengan hasil  Prestasi Belajar (2) Hubungan Antara Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Prestasi Belajar (3) Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Metode Mengajar Guru dengan hasil Prestasi Belajar (4) Hubungan Antara Minat Belajar Siswa , Gaya Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Terhadap Metode Mengajar Guru secara Bersama- sama dengan Prestasi Belajar siswa

Populasi yang digunakan dana penelitian ini adalah siswa kelas XI  Yang berjumlah 138 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisis korelasi ganda dengan menggunakan variabel Minat Belajar Siswa (X1), Gaya Belajar Siswa (X2), Persepsi Siswa Terhadap Metode Mengajar Guru (X3) sebagai indikator dan variabel terikat adalah Prestasi Belajar siswa (Y).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat  hubungan yang positif dan signifikan antara Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar siswa, dimana r dihitung sebesar 0,181, sedangkan r tabel dengan N = 138 pada taraf signifikan 5% sebesar 0,176.  Jadi r hitung lebih besar dari r tabel (0,181>0,176), (2) Terdapat hubungan positif tetapi tidak signifikan antara Gaya Belajar Siswa dan Prestasi belajar siswa., dimana r hitung 0,112 sedangkan r tabel dengan N=138 pada taraf signifikan 5% sebesar 0,176. Jadi r hitung lebih kecil dari tabel (0,112<0,176), (3) Terdapat hubungan positif tetapi tidak signifikan antara Persepsi Siswa terhadap Metode Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar siswa, dimana r hitung 0,119 sedangkan r tabel dengan N= 138 pada taraf signifikan 5 % sebesar 0,176. Jadi r hitung lebih kecil dari r tabel (0,119 < 0,176), (4) Terdapat hubungan positif tetapi tidak signifikan antara Minat Belajar Siswa, Gaya Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Terhadap Metode Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar siswa, dimana F hitung sebesar 1,896, sedangkan F tabel dengan N=138 pada taraf signifikansi 5 % sebesar 2,68. Jadi F hitung lebih kecil dari F tabel (1,896 <2,68). Karena hasil penelitian menunjukkan hubungan positif maka dengan demikian keseluruhan uji hipotesis ini mendukung penelitian.

Author Biography

NOWO TRI PURNOMO
fkip pjkr utp ska
Published
2016-01-01
How to Cite
PURNOMO, N. T. (2016). MINAT BELAJAR SISWA, GAYA BELAJAR SISWA, DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP METODE MENGAJAR GURU DENGAN HASIL PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN OLAHRAGA. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 2(1). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/348