PERBEDAAN GRIP TERHADAP AKURASI BACKHAND GROUNDSTROKE TENIS LAPANGAN

  • UNTUNG NUGROHO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pegangan eastern dan western terhadap akurasi Backhand groundstroke. Penelitian ini menggunakan metode survei, teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran.

Populasi dalam penelitian ini adalah Pemula dewasa usia 18-25 tahun dengan sampel sebanyak 28 orang, yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pegangan eastern, tes pegangan western dan tes akurasi backhand groundstroke top spin. Teknik analisis data menggunakan product momen untuk reliabilitas, rumus chi kuadrat untuk uji barlett dan uji t untuk pengujian hipotesis.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Ada perbedaan pegangan eastern dan western terhadap akurasi backhand groundstroke, diketahui t hitung: 2,114 lebih besar dari t tabel: 2,0. Ada perbedaan yang signifikan antara pegangan eastern dan western terhadap akurasi forehand groundstroke top spin. (2) Diketahui rerata atau mean hasil tes pegangan eastern adalah 31,357 sedangkan rerata atau mean pegangan western adalah 27,179. Dapat disimpulkan bahwa pegangan eastern lebih baik daripada pegangan western terhadap akurasi forehand groundstroke top spin pada atlet senior.

Kata kunci: Backhand, groundstroke, Akurasi

Author Biography

UNTUNG NUGROHO
FKIP PJKR UTP SKA
Published
2016-07-02
How to Cite
NUGROHO, U. (2016). PERBEDAAN GRIP TERHADAP AKURASI BACKHAND GROUNDSTROKE TENIS LAPANGAN. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 2(2). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/441