PENGARUH PERMAINAN KECIL TERHADAP MOTOR EDUCABILITY

  • REKHA RATRI JULIANTI
  • TUTI ALAWIYAH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan kecil terhadap motor educability. Teknik pengumpulan data menggunakan motor educability tes atau IOWA Brace test. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif metode eksperimen yang terdiri dari tiga tahap yaitu: pre-test, treatment dan post test. Pre-test dilakukan untuk mengetahui motor educability awal siswa sebelum mendapat perlakuan dengan permainan kecil. Treatment dilakukan dengan memberikan pembelajaran dengan menggunakan permainan kecil dan kemudian post test untuk mengetahui motor educalibity setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan t-tes dan menunjukkan, permainan kecil berpengaruh terhadap motor educability peserta ekstrakulikuler Pramuka.

Author Biographies

REKHA RATRI JULIANTI

Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang

TUTI ALAWIYAH

Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang

Published
2016-07-02
How to Cite
JULIANTI, R. R., & ALAWIYAH, T. (2016). PENGARUH PERMAINAN KECIL TERHADAP MOTOR EDUCABILITY. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 2(2). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/443