PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SISTEM BLOCKED DAN RANDOM TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLAPADA PEMAIN SEPAKBOLA KELOMPOK UMUR 12 TAHUN KLUB SSB HWM SURAKARTA TAHUN 2016

  • RATNA KUMALA SETYANINGRUM
  • ARUMNING ENDAH PRADIYATI

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaankemampuan menggiring bola dengan sistem blocked dan random terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola kelompok umur 12 tahun klub SSB HWM Surakarta Tahun 2016, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola dengan pembelajaran sistem blocked dan random terhadap kemampuan menggiring bola pada pemain sepakbola kelompok umur 12 tahun klub SSB HWM Surakarta Tahun 2016.

Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimendan sampel penelitian dengan jumlah 30siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknikPurposive Sampling. Variabel penelitian ini yaitu latihan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola dengan pendekatan pembelajaran sistem blocked dan sistem randomsebagai variabel bebas serta kemampuan menggiring bola variabel terikat.

Author Biographies

RATNA KUMALA SETYANINGRUM
FKIP PKO UTP SKA
ARUMNING ENDAH PRADIYATI
FKIP PKO UTP SKA
Published
2018-01-02
How to Cite
SETYANINGRUM, R. K., & PRADIYATI, A. E. (2018). PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SISTEM BLOCKED DAN RANDOM TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLAPADA PEMAIN SEPAKBOLA KELOMPOK UMUR 12 TAHUN KLUB SSB HWM SURAKARTA TAHUN 2016. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 4(2). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/709