KONTRIBUSI GURU PAMONG, DOSEN PEMBIMBING DAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PJKR DI SEKOLAH LATIHAN

  • MUH. YUSUF
  • KARLINA DWIJAYANTI

Abstract

Praktik Pengalaman lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa, yang mencakup baik latihan mengajar maupun tugas kependidikan di luar mengajar secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan. Program PPL dilaksanakan secara seimbang, terpadu dan terarah. Berdasarkan pengalaman pelaksanaan PPL prodi PJKR disekolah latihan masih banyak ditemui masalah-masalah yang sifatnya insternal maupun eksternal. Tentu saja peran  guru pamong dosen pembimbing maupun kepala sekolah menjadi berarti dalam pelaksanaan PPL PJKR. Tujuan penelitian menganalisi kontribusi guru pamong dosen pembimbing dan kepala sekolah terhadap pelaksanaan praktek pengalaman lapangan mahasiswa PJKR Di Sekolah Latihan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional dengan mencari pengaruh atau korelasi antar variabel dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentas dan angket hasil prosentase presepsi mahasiswa. Proses analisis data menggunakan data kuesioner diberikan melalui online melalui google form model terbuka dan tertutup. Penelitian dilakukan dengan Tri angulasi observasi, wawancara dan angket, yang diberikan kepada mahasiswa dengan terbuka dan tertutup menggunakan metode analitik statistik.

Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa kontribusi guru pamong, dosen pembimbing dan kepala sekolah terhadap pelaksanaan praktek pengalaman lapangan mahasiswa PJKR Di Sekolah latihan sudah baik dilihat dari respon mahasiswa PJKR terhadap guru pamong dosen pembimbing kepala sekolah pada pelaksanaan PPL disekolah dan dari hasil prosentase 64 mahasiswa responden menghasilkan 83,3%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan diadakan penelitian lebih lanjut tentang kontibusi guru pamong dosen pembimbing dan kepala sekolah terhadap pelaksanaan praktek pengalaman lapangan (PPL) PJKR ditahun selanjutnya.

Author Biographies

MUH. YUSUF
FKIP PJKR UTP SKA
KARLINA DWIJAYANTI
FKIP PJKR UTP SKA
Published
2019-01-01
How to Cite
YUSUF, M., & DWIJAYANTI, K. (2019). KONTRIBUSI GURU PAMONG, DOSEN PEMBIMBING DAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PJKR DI SEKOLAH LATIHAN. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 5(1). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/800

Most read articles by the same author(s)