TINGKAT KEJENUHAN GURU DALAM MENGAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP LUAR BIASA DI KABUPATEN KARAWANG

  • AKHMAD DIMYATI

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia untuk menjamin keberlangsungan hidupnya agar lebih bermanfaat. Karena itu Negara memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bemutu kepada setiap warganegaranya tanpa terkecuali termasuk mereka yang memiliki perbedaan dalam kemampuan (difabel) seperti yang tertuang pada UUD 1945 pasal 3 (1). Peraturan pemerintah no 19 tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan, menjelaskan bahwa pendidik pada satuan pendidikan TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB harus memiliki akademik. Dan untuk mencapai kemampuan anak berkebutuhan khusus dibutuhkan guru yang mempunyai kemampuan kreadibilitas kerja yang baik. Yang mana guru merupakan seorang motivator, fasilitator dan evaluator menjadi guru SLB.

Pendidikan luar biasa merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran karena selain fisik, emosional, mental sosial, tetapi memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Dan tujuan pendidikan jasmani adaptif adalah untuk membantu siswa melindungi diri sendiri dari kondisi apapun.

Sewaktu ketika guru bersemangat menekuni sesuatu muncul rasa malas dan jenuh. Inilah masa ketika ketekunan kita dititik jenuh. Setelah beberapa lama masa jenuh ini berjalan, Dan permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah : “Seberapa Tingkat Kejenuhan Guru Dalam Mengajar Pendidikan Jasmani Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Di Kabupaten Karawang.” Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Data Tingkat Kejenuhan Guru Dalam Mengajar Penjas Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Di Kabupaten Karawang.”

Populasi yang diambil dalam penelitian ini guru SMPLB. Sampel yang diambil 3 orang guru dari 3 sekolah di kabupaten karawang. Data yang diambil menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi selanjutnya data dianalisis menggunakan kualitatif deskriptif analitik hasil yang ditunjukan ternyata tingkat kejenuhan guru dalam mengajar penjas di SMPLB adalah rendah karena anak SMPLB sudah mau untuk di arahkan dan usia dan ketantruman mereka sudah mulai berkurang.

Author Biography

AKHMAD DIMYATI

Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Abdoellah, Arma. 1996. Pendidikan Jasmani Adaptif . Jakarta: Depertemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Akademik. [Online]. Tersedia : http//www.ikadam23, Pembelajaran Adaptif Dalam Pendidikan Jasmani Bagi ABK .com http//www.leecan02 blog.

Hendrayana, Yudi Oktober 31, 2007, pendidikan jasmani olahraga dan olahraga adaptif, japan, center for research on internasional cooperation in education development

Pandji, dwi, 2013, sudahkah kita ramah anak special need, Jakarta, Pt Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia

Wahyudin, din November 2009, Pengantar Pendidikan, Jakarta, Universitas Terbuka
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional . Undang-Undang Dasar ’45 . Surabaya : Karya Ilmu.

Sugiyono, Oktober 2010, metode penelitian pendidikan, bandung, alfabeta
Arikunto, Suharsini Oktober 2010, Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta, Pt Asdi Mahasatya

Koffienco,July 2013, pengertian dan definisi guru, [Online]. Tersedia: http://koffieenco.blogspot.com/2013/07/pengertian-dan-definisi-guru.html[12Februari2014]

Wikipedia, (2011). Anak berkebutuhan khusus. [Online]. Tersedia:
http://id.wikipedia.org/wiki/Anak_berkebutuhan_khusus[12Juni2013]

Kemididbud (1969). Berita kemdidbud [Online]. Tersedia: http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1969[10Juni1970]

Berita Pendidikan, (2002). Penerapan kurikulum anak berkeburtuhan khusus. [Online]. Tersedia:
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/14/02/19/n18gqk-penerapan-kurikulum-anak-berkebutuhan-khusus-diminta-tidak-tahun-ini[1Maret2005]

Pgri Kundur, (2010). Kode etik guru [Online]. Tersedeia:
http://pgrikundur.edublogs.org/kode-ikrar/kode-etik-guru[9Maret2012]

Wahyu, (2013). Layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus [Online]. Tersedia:
http://wahyupgsd10.blogspot.com/2013/07/layanan-pendidikan-anak-berkebutuhan[8April2014]

Pusat Definisi, (2012). Definisi guru [Online]. Tersedia:
http://www.pusat-definisi.com/2012/11/guru-adalah.html[21Maret2013]
Published
2019-07-02
How to Cite
DIMYATI, A. (2019). TINGKAT KEJENUHAN GURU DALAM MENGAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP LUAR BIASA DI KABUPATEN KARAWANG. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 5(2). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/961