PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN MASSED PRACTICEDAN VARIASI DRIBBLE TERHADAP PENINGKATANDRIBBLEDALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA ATLET PUTRI USIA 12 TAHUN – 14 TAHUN CLUB BASKET BYSON SRAGEN TAHUN 2021

  • Cindy Kartika Putri Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Ronny Suryo Narbito Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian untuk mengetahui ’Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Massed Practice dan Variasi Dribble terhadap Peningkatan Dribble dalam Permainan Bola Basket pada Atlet Putri Usia 12 Tahun – 14 Tahun Club Basket BYSON SRAGEN Tahun 2021, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara Latihan Massed Practice dan Variasi Dribble terhadap Peningkatan Dribble dalam Permainan Bola Basket pada Atlet Putri Usia 12 Tahun – 14 Tahun Club Basket BYSON SRAGEN Tahun 2021.

Sampel penelitian adalah pada PemainPutra Club Basket BYSON SRAGEN dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Porpusive Sampling. Variabel penelitian ini yaitu Hasil Kemampuan Menggiring Bola dengan Latihan Massed Practice dan Variasi Dribble sebagai variabel bebas serta Hasil Kemampuan Menggiring Bola variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Tes untuk mengetahui Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan Bola Basket menggunakan tes menggiring bola menggunakan petunjuk pelaksanaan tes dan pengukuran kemampuan menggiring bola nan, 2005:186). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.

Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara Latihan Metode Massed Practice Dan Variasi Dribble dalam Permainan Bola Basket pada Atlet Putri Usia 12 Tahun – 14 Tahun Club Basket BYSON SRAGEN Tahun 2021’’. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaituthitung= 0.14 lebih kecil dari pada ttabel= 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. (2) Latihan Metode Massed Practice lebih baik pengaruhnya dari pada metode Latihan Variasi Dribble  Terhadap Kemampuan Menggiring Bola dalam Permainan Bola Basket pada Atlet Putri Usia 12 Tahun – 14 Tahun Club Basket BYSON SRAGEN Tahun 2021. Berdasarkan persentase peningkatan kemampuan menggiring bola dalam permainan Sepak Bola menunjukkan bahwa kelompok1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan Latihan Metode Massed Practice ) adalah 11.448% <kelompok2 (kelompok yang mendapat Latihan Variasi Dribble) adalah 22.020%.

Kata kunci : Metode Latihan Massed Practice, Variasi Dribbledan  Permainan Bola Basket

Published
2022-01-31
How to Cite
Kartika Putri, C., & Narbito, R. S. (2022). PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN MASSED PRACTICEDAN VARIASI DRIBBLE TERHADAP PENINGKATANDRIBBLEDALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA ATLET PUTRI USIA 12 TAHUN – 14 TAHUN CLUB BASKET BYSON SRAGEN TAHUN 2021. Jurnal Ilmiah Spirit, 22(1), 122-133. https://doi.org/10.36728/jis.v22i1.1956

Most read articles by the same author(s)