PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN PLYOMETRIC HURDEL HOPPING DANDOUBLE LEG BOUNDSTERHADAP PENINGKATAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA PUTRA EKSTRAKULIKULER SD N 03 JATIYOSO KARANGANYAR TAHUN 2021

  • Ronny Suryo Narbito Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode latihan plyometric hurdel hopping dandouble leg bounds terhadap peningkatan lompat jauh gaya jongkok Pada Siswa Putra Ekstrakulikuler SD N 03 Jatiyoso Karanganyar Tahun 2021, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara metode latihan plyometric hurdel hopping dandouble leg boundsterhadap peningkatan lompat jauh gaya jongkok Pada Siswa Putra Ekstrakulikuler SD N 03 Jatiyoso Karanganyar Tahun 2021.

Sampel penelitian adalah Pada Siswa Putra Ekstrakulikuler SD N 03 Jatiyoso Karanganyardengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknikporpusive sampling. Variabel penelitian ini yaitu hasil kemampuan lompat jauh gaya jongkok dengan latihan plyometric hurdel hopping dandouble leg boundssebagai variabel bebas serta hasil kemampuan lompat jauh gaya jongkokvariabel terikat. Rancangan penelitian menggunakanpretest-posttest design.Tes untuk mengetahui kemampuan lompat jauh gaya jongkokmenggunakan tes kemampuan lompat jauh gaya jongkokmenggunakan petunjuk pelaksanaan tes dari Nur Hasan (2001: 157). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.

Hasilanalisis data maka simpulan diperoleh: (1) Adaperbedaan pengaruh yang signifikan antara menggunakan metode plyometric hurdel hopping dan menggunakan metodedouble leg boundsterhadap peningkatan lompat jauh gaya jongkok Pada Siswa Putra Ekstrakulikuler SD N 03 Jatiyoso Karanganyar Tahun 2022. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 3.317  > dari pada ttabel= 2,145dengan taraf signifikasi 5%. (2) Persentase hasilkemampuanlompat jauh gaya jongkok menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan menggunakan metode plyometric hurdel hopping) adalah 0.899%< kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan menggunakan metodedouble leg bounds) adalah 0.984%. Menunjukan bahwa Metode Double leg boundslebih baik pengaruhnya dari pada metode plyometric hurdel hoppingterhadap peningkatan lompat jauh gaya jongkok Pada Siswa Putra Ekstrakulikuler SD N 03 Jatiyoso Karanganyar Tahun 2021.

Kata Kunci :Latihan Plyometric Hurdel Hopping, Double Leg Bounds,Lompat Jauh Gaya Jongkok

Published
2021-07-22
How to Cite
Narbito, R. S. (2021). PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN PLYOMETRIC HURDEL HOPPING DANDOUBLE LEG BOUNDSTERHADAP PENINGKATAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA PUTRA EKSTRAKULIKULER SD N 03 JATIYOSO KARANGANYAR TAHUN 2021. Jurnal Ilmiah Spirit, 21(2), 113-125. Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/view/2524

Most read articles by the same author(s)