PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LIFE MODEL DAN MODEL VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN FOREHAND VOLLEY TENIS LAPANGAN DITINJAU DARI KOORDINASI MATA-TANGAN

  • TEGUH ANDIBOWO
  • M. FURQON H
  • MUCHSIN DOEWES

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh antara model pembelajaran life model dan model video terhadap kemampuan pukulan forehand volley tenis lapangan, (2) Perbedaan kemampuan pukulan forehand volley tenis lapangan antara mahasiswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi, sedang dan rendah, (3) Pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan pukulan forehand volley tenis lapangan.

Penelitian ini menggunakan metode ekperimen dengan rancangan faktorial 2 x 3. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa putra Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kepelatihan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling, besarnya sampel yang diambil yaitu sebanyak 60 mahasiswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan ANAVA. Sebelum diuji dengan ANAVA, terlebih dulu menggunakan uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas sampel (Uji Lilliefors dengan α = 0,05 %) dan Uji homogenitas varians (Uji Bartlett dengan α = 0,05 %).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran life model dan model video terhadap kemampuan pukulan forehand volley tenis lapangan. Pengaruh model pembelajaran life model lebih baik dari pada model video, (2) ada perbedaan kemampuan pukulan forehand volley tenis lapangan antara mahasiswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi, sedang dan rendah. Kemampuan pukulan forehand volley tenis lapangan pada mahasiswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi lebih baik dari pada mahasiswa yang memiliki koordinasi mata-tangan sedang, mahasiswa yang memiliki koordinasi mata-tangan sedang lebih baik dari pada mahasiswa yang memiliki koordinasi mata-tangan rendah, (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan pukulan forehand volley tenis lapangan. Mahasiswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi lebih cocok jika diberikan life model. Mahasiswa yang memiliki koordinasi mata-tangan sedang lebih cocok jika diberikan model video. Sedangkan mahasiswa yang memiliki koordinasi mata-tangan rendah lebih cocok jika diberikan life model.

Author Biographies

TEGUH ANDIBOWO
FKIP PKO UTP SKA
M. FURQON H
FKIP UNS
MUCHSIN DOEWES
UNS
Published
2015-10-03
How to Cite
ANDIBOWO, T., H, M. F., & DOEWES, M. (2015). PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LIFE MODEL DAN MODEL VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN FOREHAND VOLLEY TENIS LAPANGAN DITINJAU DARI KOORDINASI MATA-TANGAN. Jurnal Ilmiah Spirit, 15(3). https://doi.org/10.36728/jis.v15i3.337

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>