Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Afektif Untuk Menekan Angka Kenakalan Melalui Model Kepramukaan Pada Mahasiswa FKIP UTP Surakarta Calon Guru Olahraga Tahun 2016/2017

  • KODRAD BUDIYONO

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk Membentuk karakter melalui kegiatan kepramukaan pada mahasiswa FKIP UTP  Surakarta Semester 6 Tahun Ajaran 2015/2016 sebagai calon guru olahraga yang nantinya akan ditularkan kepada anak didik ditempat mereka mengajar di wilayah karisidenan surakarta dan membentuk afektif yang positif sehingga dapat menekan angka kenakalan remaja khususnya siswa yang menjadi anak didiki nantinya.

Penelitian ini menggunakan metode pengembangan kepramukaan untuk menciptakan model baru. Data yang dikumpulkan dalam penelitian pengembangan terdiri data: kualitatif dan kuantitatif.

Hasil dari Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Afektif Untuk Menekan Angka Kenakalan Melalui ModelKepramukaan, yang dapat digunakan oleh guru, pembina pramuka maupun mahasiswa calon guru olahraga agar dalam pembelajaran terhadap siswa tidak membosankan dan karakter dapat terbentuk secara khusus dalam meningkatkan karakter pada diri siswa melalui kegiatan kepramukaan yang nantinya tingkat karakter siswa meningkat serta dapat menghasilkan siswa berprestasi. Sesuai dengan tingkat perkembangan psikologi maka model pendidikan karakter dapat disimpulkan (1) Bentuk kenakalan mahasiswa di FKIP UTP Surakarta yaitu pelanggaran terhadap peraturan tata tertib universitas, pelanggaran terhadap kegiatan belajar mengajar, dan pelanggaran terhadap etika pergaulan mahasiswa. (2) Pada dasarnya kenakalan mahasiswa di FKIP UTP Surakarta disebabkan atau ditimbulkan oleh dua faktor utama, yaitu faktor internal pada diri mahasiswa itu sendiri, dan faktor eksternal dalam hal ini faktor lingkungan keluarga serta lingkungan sosial. (3) Upaya dalam menanggulangi kenakalan mahasiswa di FKIP Surakarta adalah dalam program tahunan universitas  berbasis karakter yang meliputi: (a) aspek pembinaan dan (b) aspek pencegahan kenakalan. Penekanan program kegiatan ini adalah pada pengenalan dan pengamalan/penerapan nilai-nilai karakter yang diharapkan melalui intrakurikuler maupun ekstrakurikuler Secara teknis pelaksanaan program universitas  berbasn is karakter ini dikoordinir doleh dosen  universitas  yang bersangkutan. (3) Kendala universitas  dalam menanggulangi kenakalan mahasiswa di FKIP UTP Surakarta dapat dikelompokkan dalam dua faktor kendala, yaitu: (1) kendala internal universitas , dan (2) kendala eksternal.

 

Author Biography

KODRAD BUDIYONO
FKIP PKO UTP SKA
Published
2017-01-01
How to Cite
BUDIYONO, K. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Afektif Untuk Menekan Angka Kenakalan Melalui Model Kepramukaan Pada Mahasiswa FKIP UTP Surakarta Calon Guru Olahraga Tahun 2016/2017. Jurnal Ilmiah Spirit, 17(1). https://doi.org/10.36728/jis.v17i1.704

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>