EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA

  • Erik Teguh Prakoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Wagimin Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Suci Prasasti Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)

Abstrak

Salah satu tugas perkembangan siswa SMK adalah mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal dengan teman sebaya dan orang lain, baik secara individu maupun kelompok. Kemampuan komunikasi siswa dapat dibangun salah satunya dengan pemberian permainan, dan permainan pun dapat memberikan pengalaman berharga kepada siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik permainan dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan teknik diskusi dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMK N 4 Surakarta

Gejala yang Nampak yaitu: siswa menunjukkan sikap yang tidak baik seperti tidak memperhatikan saat guru sedang mengajar, mengerjakan tugas asal-asalan, kemudian sibuk berbicara sendiri di dalam kelas, dapat dilihat dari perilaku siswa saat diberikan kesempatan untuk bertanya terhadap materi atau tugas yang dibahas mereka lebih banyak diam, dan tidak ada usaha bersaing dengan temannya di kelas. Perilaku yang dimunculkan oleh para siswa adalah pencerminan dari mereka yang kurang memiliki motivasi belajar sehingga akan berdampak buruk terhadap nilai yang diperolehnya dalam belajar.

Penelitian ini menggunakan Experimen dengan design penelitian one group pre-test post-test pendekatan kuantitatif. Subjek dalamĀ  penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMK N 4 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini terdiri atas teknik analisis data dan interpretasi data. Berdasarkan hasil analisis hasil pre test dan post test, yang sebelumnya siswa memperoleh perlakuan berupa bimbingan kelompok dengan teknik permainan diperoleh persentase rata-rata sebesar 59,23% termasuk dalam kategori rendah dan setelah mendapatkan bimbingan kelompok dengan teknik permainan presentase rata-ratanya meningka tmenjadi 86,45% yang termasuk dalam kriteria sangat tinggi, dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 27,22%.

Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan SPSS 20 dengan uji t diperoleh nilai t-

hitung yang diperoleh, lebih kecil dari pada t tabel, atau (2.592 > 2.045) maka Ho ditolak, artinya bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan terhadap peningkatan ketrampilan komunikasi siswa efektif pada siswa kelas XI KECANTIKAN SMK N 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2022-2023.

Diterbitkan
2024-10-16