EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN BELAJAR SISWA SMK GANESHA TAMA BOYOLALI

  • Erik Teguh Prakoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Alya Muifah D Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Usmani Haryanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat disiplin belajar konseling kelompok menggunakan teknik Self Management untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMK Ganesha Tama Boyolali.

Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre eskperimental design dengan desain One Group PreTest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dimana jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 6 orang siswa kelas XI TKR. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment, reliabilitas dengan rumus Cronbach alpha, dan analisis data yaitu menggunakan uji t (uji paired sample t test).

Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t (paired sample t test), diperoleh hasil bahwa, (M = 59.5000, SD = 7.66304) sedangkan nilai post test sesudah diberikan layanan berubah menjadi (M = 70.0000, SD = 14.12641), t(7) = -2.689, sig.(2 Tailed) = 0,025 p < 0.000) artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Sehingga dapat disimpulkan konseling kelompok teknik self management efektif untuk meningkatkan perilaku disiplin belajar siswa SMK Ganesha Tama Boyolali.

Diterbitkan
2024-10-16