Cover Image

UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE SUKU KATA ( SYLLABIC METHOD ) PADA SISWA KELAS I SD NEGERI NAYU BARAT III BANJARSARI SURAKARTA TAHUN 2014/2015

Ratih Mustikawati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode suku kata dan untuk memaparkan cara menggunakan metode suku kata untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan di kelas I SDN Nayu Barat III  Banjarsari Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dilakukan di kelas I SDN Nayu Banjarsari Surakarta pada semester II tahun pelajaran 2014 / 2015. Data penelitian ini berupa sumber data primer yaitu : siswa, guru, orang tua atau pihak terkait dan sumber data sekunder yaitu : lembar observasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung untuk mengetahui aktivitas siswa, dokumen penelitian dengan mengumpulkan data-data tertulis dan daftar nilai formatif dan catatan pengumpulan data ini untuk mengetahui tentang pribadi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif interaktif.

Hasil Penelitian ini adalah dengan penerapan metode pembelajaran keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan metode suku kata yang diterapkan di kelas I SDN Nayu Barat III Banjarsari Surakarta ternyata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Keterampilan membaca permulaan dapat dilihat secara rata-rata di kelas yang menunjukkan peningkatan dari siklus I sampai siklus II, dilihat dari hasil pengamatan guru yang menunjukkan bahwa dengan adanya pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini hampir seluruh siswa dapat membaca kata sederhana, kalimat sederhana dan kata yang berkonsonan rangkap dengan baik dan benar.Hal ini dapat ditunjukkan belajar pada tahap Pra Siklus dengan rata-rata 62 dengan prosentase 50 %, Siklus I dengan rata – rata 66 dengan prosentase 71 %dan Siklus II dengan rata-rata 72,95 degan prosentase 97 %.

Rekomendasi yang dapat disampaikan adalah dalam pemilihan metode yang hendak diterapkan dalam proses pembelajaran di dalam kelas sebaiknya guru terlebih dahulu mengetahui kondisi siswa dan kondisi yang ada di dalam kelas sehingga metode tersebut akan dapat diterapkan dengan baik. Selain itu dibutuhkan kemampuan guru untuk mengidentifikasi keinginan dan harapan siswanya agar mampu menciptakan metode atau merencanakan metode yang hendak digunakan dalam proses pembelajaran sehingga tujuan dari belajar akan dapat tercapai dengan mudah.

Kata Kunci : Membaca Permulaan, Metode Suku Kata


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.