Pendidikan Karakter Untuk Menyelamatkan Peserta Didik Dalam Keterpurukan Globalisasi

  • LUNCANA FARIDHOH SAMMITO

Abstract

Perkembangan jaman sekarang mengarah ke era globalisasi membuat pendidikan menjadi terombang-ambing dalam ketidak pastian. Pendidikan yang keras tertanam sejak jaman pendidikan era terdahulu menanamkan beberapa dampak buruk bagi peserta didik. Setiap masuk jenjang sekolah lebih tinggi, selalu ada perpeloncoan. Masa orientasi peserta didik yang bertujuan menjadikan peserta didik tau dan lebih mengenal lingkungan sekolah di salah gunakan menjadi kearogansian dari senioritas.

Pendidikan moral perlu di tanamkan dalam Pendidikan karakter anak sejak usia dini. Pendidikan karakter dapat mencegah terjadinya kebobrokan moral yang terjadi saat ini. Banyak sekali contoh insiden yang terjadi di lingkup Pendidikan yang seharsukanya tidak pantas terjadi. Pendidikan karakter berdasar oleh Pendidikan agama yang di tanamkan sejak dini di keluarga juga. Anak yang sudah memiliki benteng Pendidikan karakter akan lebih mudah di arahkan dan anak akan tau dengan persis mana yang baik dan mana yang benar.

Kasus demi kasus membongkar tentang rendahnya moral peserta didik jaman sekarang yang jauh dari Pendidikan karakter yang sesuai. Penggalakan peningakatan kurikulum dari KTSP menjadi k13 adalah salah satu cara untuk memasukan Pendidikan karakter ke dalam Pendidikan dan keseharian anak sejak dini. Langkah pembaharuan ini untuk mencegah generasi yang semakin tidak terkendali karena era globalisasi. Dampak positif dan negative selalu beriringan dalam langkah setiap manusia, karena itulah mengapa selalu di lakukan peningkatan dalam Pendidikan. Langkah demi langkah dilakukan untuk menyokong kehidupan yang lebih bermartabat dan meninggalkan cara hidup yang tanpa moral.

Author Biography

LUNCANA FARIDHOH SAMMITO
FKIP PGSD UTP SKA
Published
2017-01-26