PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DALAM MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK TRANSISI PAUD-SD
Abstract
Gerak tubuh selama beraktifitas dapat mendorong perkembangan kemampuan motori kasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permainan tradisional engklek untuk meningkatkan kemampuan motoric kasar siswa pada masa transisi PAUD-SD di SD Negeri Pabelan 03 Kecamatan Kartasura. Jenis penelitian ini adalah kualitatif untuk memahami secara mendalam suatu kejadian dengan melakukan interaksi dengan subyek-subyek yang berkaitan dengan kejadian tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, tampilan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Permainan Engklek terbukti berpengaruh terhadap keterampilan motorik kasar anak. Hal tersebut dilihat dari hasil observasi selama pertemuan I, II, dan III, dimana keterampilan motorik kasar anak-anak meningkat setelah bermain Engklek. Oleh karena itu, simpulan penelitian ini adalah bahwa permainan tradisional Engklek dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak transisi PAUD-SD.
References
Adi, I. N. A. N., Pramita, I., & Vitalistyawati, L. P. A. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Keseimbangan Statis dan Keseimbangan Dinamis pada Anak-Anak Usia 6-12 Tahun di Lingkungan Padang Keling Kelurahan Banyuning Buleleng Bali. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 56–63. https://doi.org/10.5281/ZENODO.5813938.
Adpriyadi. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Tradisional Engklek pada Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Masyarakat, 4(2), 187–198. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.10016.
Anggraeni, M. A., Karyanto, Y., & A.S, W. K. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. JECCE: Journal of Early Childhood Care & Education, 1(1), 18-25. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.60.
Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Bungamputi, 6(0), 14–21. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php /Bungamputi/ article/view/15916.
Desvarosa, E. (2016). Penerapan Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Bina Guna. Jurnal Handayani: Jurnal Kajian Pendidikan Pra Sekolah Dan Pendidikan Dasar, 6(1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/5042.
Devana, M. C. (2018). Mengembangkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Paud Nurul Islam Bumi Waras Bandar Lampung. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/2872
Hassani, F., Shahrbanian, S., Shahidi, S. H., & Sheikh, M. (2020). Playing games can improve physical performance in children with autism. International Journal of Development Disabilites, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.1080/20473869.2020.1752995.
Nurhayati, S., Hasanah, FF., & Iklima, R. 2022. Pengaruh Permainan Engklek Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini di RA Salsabila Kabupaten Ciamis. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, Ijiece, 7(2), 105-115. https://jurnal.piaud.org/index.php/Ijiece/article/download/352/175.
Sopiyati. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Melompat Dengan Menggunakan Media Tali Karet Gelang Pada Kelompak A Di TK Pertiwi Dahlia Desa Sambirejo Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020/. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 73–80. https://www.jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/230.
Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421.
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347.
Widarto, D. A. S., Sugiharto, & Supriyadi. (2021). Pengaruh Pembelajaran Play & Games dengan Mendengarkan Musik terhadap Perkembangan Keterampilan Gerak Dasar Motorik Anak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(5). https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i5.14575.
Zuhra, N., Dewi, R., & Syarifah, S. (2022). Pengembangan Permainan Engklek Sirkuit untuk Meningkatkan Capaian Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(5), 8047–8060. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I5.3658