FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI PERUMNAS MOJOSONGO SURAKARTA

  • Danarti Karsono

Abstract

Pembangunan perumahan sederhana yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta adalah dengan melaksanakan pembangunan perumahan oleh Perumnas Mojosongo. Dengan dibangunnya perumahan sederhana bagi golongan masyarakat berpenghasilan menengah kebawah diharapkan masyarakat yang semula tinggal di perkampungan kumuh atau dari daerah permukiman lainnya, kemudian pindah ke permukiman baru yaitu Perumnas Mojosongo, maka akan mengalami suatu perubahan ekologi spasial. Berubahnya ekologi spasial dari suatu permukiman konvensional kesuatu permukiman baru ini diasumsikan akan mempengaruhi sikap masyarakat penghuninya.

Penelitiam ini mengkaji tentang faktor-faktor yang mempengaruhi sikap masyarakat dalam pengelolaan lingkungan di Perumnas Mojosongo Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi lingkungan social yang meliputi tingkat pendidikan, mata pencaharian dan kepemilikan rumah terhadap sikap masyarakat dalam pengelolaan lingkungan di Perumnas Mojosongo Surakarta.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian diskriptif kuantitatif yaitu penelitian terhadap suatu gejala yang terjadi dalam masyarakat yang actual pada saat sekarang, dengan mengumpulkan data, menyusun, mengklarifikasikan, menganalisa danpenginterpretasikan dalam bentuk suatu laporan.

Hasil pembahasan adalah merupakan kesimpulanyang merumuskan bahwa sikap masyarakat dalam pengelolaan lingkungan merupakan kemampuan masing-masing pribadi anggota masyarakat, dalam hal ini sikap masyarakat dalam pengelolaan lingkungan dipengaruhi olehfaktor kondisi lingkungan sosial dan lingkungan ekonomi.

 

Author Biography

Danarti Karsono

FT UTP SKA

Published
2006-02-07
How to Cite
Karsono, D. (2006). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI PERUMNAS MOJOSONGO SURAKARTA. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 3(7). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/154

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>