PERAN CITY WALK SEBAGAI RUANG TERBUKA PUBLIK DALAM MENDUKUNG KEINDAHAN DAN KENYAMANAN KOTA Studi Kasus City Walk Koridor Jalan Slamet Ruyadi Surakarta

  • Danarti Karsono

Abstract

Perkembangan kota yang bergulir cepat terkadang mengabaikan kebutuhan ruang terbuka yang sangat didambakan bagi kehidupan perkotaan, dimana factor keamanan dan kenyamanan perlu diutaman untuk pemenuhan ruang terbuka tersebut, sebagai fasiltas interaksi social ruang public diharapkan dapat mempertautkan seluruh kepentingan pengguna tanpa membedakan latar belakang ekonomi, social, budaya dalam dinamika kehidupan kota.

City Walk sebagai ruang terbuka menjadi tempat alternatif yang nyaman dalam memenuhi kebutuhan masyarakat untuk bersantai, melakukan pergerakan dengan berjalan kaki, berinteraksi dan sekedar duduk-duduk. Keberadaan city walk dapat mengubah kawasan /pedestrian yang kurang berfungsi optimal menjadi kawasan yang aktif dan menghadirkan ruang terbuka dengan fungsi baru.

Koridor jalan Slamet Riyadi yang dipilih sebagai kawsan city walk mempunyai banyak titik-titik menarik yang sangat mendukung keberadaannya Jalur wisata mulai dari Stasiun Purwosari berujung di kawasan Gladag, dipenuhi bangunan-bangunan heritage yang beberapa masih berdiri. Dijalur ini dapat dijumpai pusat perbelanjaan modern, kawasan konservasi Sriwedari, Museum Radya Pustaka, Museum Batik Wuryaningratan, Kawasan Ngarsopuran Mangkunegaran, Kampung Kauman dan Gladag.
Saat ini sisi selatan Jalan Slamet Riyadi telah mengalami perubahan berupa penataan kawasan pedestrian dengan jalur hijau dan jalur pejalan kaki.
Lebarnya pedestrian, taman yang tertata rapi dan fasilitas penunjang lainnya yang memadai, membuat kawasan ini menjadi lokasi yang ideal untuk bisa menjadi kekhasan Kota Solo ke depan dan juga sebagai kota tujuan wisata. Pedagang kaki lima yang keberadaannya berusaha dihilangkan atau diposisikan sebagai pihak yang terpinggirkan di kebanyakan kota-kota besar di Indonesia, diberi tempat-tempat khusus dan diberikan sarana berjualan yang seragam dan rapi, street furniture ditata terencana sehingga kenyamanan dan keindahan tampak mendominasi kawasan ini.

Author Biography

Danarti Karsono
ft utp ska
Published
2010-02-11
How to Cite
Karsono, D. (2010). PERAN CITY WALK SEBAGAI RUANG TERBUKA PUBLIK DALAM MENDUKUNG KEINDAHAN DAN KENYAMANAN KOTA Studi Kasus City Walk Koridor Jalan Slamet Ruyadi Surakarta. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 7(11). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/97

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>