PENGARUH PENGELOLAAN PERSAMPAHAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN CITRA KAWASAN WISATA PULAU DERAWAN

  • INDRO SULISTYANTO
Abstract views: 217 , PDF downloads: 185

Abstract

Pengelolaan persampahan menjadi permasalahan yang diamati sebagai upaya strategis peningkatan citra Kawasan Wisata Pulau Derawan, sejalan dengan meningkatnya jumlah wisataan yang berkunjung, yang berakibat pada peningkatan kuantitas dan kualitas sampah yang dihasilkan, dibandingkan dengan pulaunya yang relatif kecil seluas 3,858.96 Km2.

Penelitian ini bertujuan untuk menemu-tunjukkan acuan pengembangan sistem pengelolaan persampahan domestik Kawasan Pulau Derawan yang komprehensif, efektif, efisien dan sesuai dengan rencana pengembangan Kawasan Pulau Derawan sebagai kawasan wisata yang lebih menarik.

Metoda yang digunakan adalah analisis komparatif terhadap kondisi eksisting menuju pada kondisi oengolahan sampah yang diinginkan, mengacu pada peraturan perundangan dan kebijakan dalam bidang persampahan, sehingga diperoleh sintesis berupa arahan bentuk pengembangan sistem pengelolan persampahan yang mampu mendukung citra Pulau Derawan sebagai kawasan wisata laut yang terjaga lingkungan hidup dan binaannya

Hasil yang diperoleh adalah alternatif pengelolaan sampah yang tepat dalam mendukung eksistensi Pulau Derawan, sebagai tujuan wisata, dengan segala keterbatasan yang ada. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah pengelolaan persampahan akan sangat menentukan dalam meningkatkan citra Kawasan Wisata Pulau Derawan, dengan mempertimbangkan teknologi pengelolaan yang sesuai dengan kondisi kawasan, dalam konstelasi pengelolaan akhir persampahan di luar Pulau Derawan.

 

Author Biography

INDRO SULISTYANTO
FT UTP SKA
Published
2012-12-16
How to Cite
SULISTYANTO, I. (2012). PENGARUH PENGELOLAAN PERSAMPAHAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN CITRA KAWASAN WISATA PULAU DERAWAN. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 12(16). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/375

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>