PENATAAN RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) PADA KAWASAN RUMAH PEMOTONGAN HEWAN (RPH) SAMARINDA SEBAGAI UPAYA TERCIPTANYA KAWASAN HIJAU PADA KORIDOR BANDARA SEI SIRING SAMARINDA

  • INDRO SULISTYANTO

Abstract

Kedudukan RTH akan menjadi penentu keseimbangan lingkungan hidup dan lingkungan binaan. Pada sisi lain rencana tata ruang menjadi landasan dalam mengantisipasi pesatnya perkembangan ruang-ruang terbangun, yang harus diikuti dengan kebijakan penyediaan ruang terbuka.

Pada dasarnya perkembangan beberapa kawasan di Kota Samarinda yang karena kondisi dan potensi yang dimiliki perlu direncanakan arah dan bentuk penataan RTH-nya. Dengan demikian perkembangan tata ruang hijau di masing kawasan yang ada pada Kota Samarinda perlu didukung oleh arahan, kebijakan, dan keinginan yang kuat untuk dapat diwujudkan. Pada sisi lain perkembangan pemanfaatan ruang terbangun yang tidak terkendali dengan mengabaikan fungsi dan peran keberadaan ruang terbuka (hijau), akan berakibat pada semakin turunnya efisiensi penggunaan ruang dan lahan yang ada, dan kualitas kehidupan pada kawasan yang bersangkutan. Pada akhirnya berbagai kondisi tersebut terakumulasi dan akan memberi dampak pada beberapa kawasan pendukung di sekitarnya, sehingga menganggu kelangsungan perkembangan kawasan secara menyeluruh, baik yang berujud terganggunya kegiatan fungsional maupun aktivitas yang berlangsung di dalamnya.

Koridor yang menghubungkan Kota Samarinda dengan Bandara Sei Siring, pada saatnya akan berkembang sebagai suatu kawasan prestisius dengan tingkat pemanfaatan lahan yang tinggi. Perlu antisipasi sejak awal agar tetap terjaga keseimbangan antara ruang terbuka dengan ruang terbangun. Kawasan yang saat ini diperuntukkan untuk pembangunan RPH, merupakan kawasan stretegis yang bisa di kembangkan sebagai RTH, mengingat fungsi arsitektural dan estetika yang diemban, maupun potensi yang bisa dikembangkan sebagai ikon Kota Samarinda di masa mendatang.

Author Biography

INDRO SULISTYANTO
FT UTP SKA
Published
2014-06-19
How to Cite
SULISTYANTO, I. (2014). PENATAAN RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) PADA KAWASAN RUMAH PEMOTONGAN HEWAN (RPH) SAMARINDA SEBAGAI UPAYA TERCIPTANYA KAWASAN HIJAU PADA KORIDOR BANDARA SEI SIRING SAMARINDA. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 15(19). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/413

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>