STUDI PERMASALAHAN LINGKUNGAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) MINAPADI (Obyek Amatan: Jembatan Kandangsapi-Terminal Pedaringan di Surakarta)

  • HERMAN SUSILA
  • TRI HARTANTO

Abstract

Berbagai kawasan di Indonesia, terutama di kota-kota besar termasuk di Kota Surakarta sudah mulai banyak yang mengalami kerusakan lingkungan, sehingga ekosistem yang telah ada menjadi terganggu. Salah satunya adalah kawasan DAS Minapadi. Hal inilah yang sebenarnya harus dicegah. Kegiatan membangun merupakan hal utama yang paling banyak merusak lingkungan, karena dalam membangun biasanya melakukan pembukaan kawasan yang luas dengan menebangi pohon-pohon dan vegetasi lainnya.

Dalam penelitian ini menggunakan cara pandang rasionalistik empiris, dimana permasalahan lingkungan yang dilihat akan dipaparkan secara logic. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana permasalahan lingkungan yang terjadi akan di gambarkan lewat narasi, dan didukung dengan foto-foto kondisi eksisting kawasan.

Melihat kondisi fisik biotik, keberadaan hutan kota yang ada sekarang di kawasan DAS Minapadi Surakarta harus tetap dipertahankan, jangan sampai hilang karena adanya pembangunan bangunan-bangunan baru dan rumah-rumah semi permanen penduduk nantinya. Hilangya hutan kota yang ada di kawasan DAS Minapadi ini akan mengakibatkan meningkatnya suhu udara pada kawasan tersebut dan juga mengancam punahnya fauna yang masih ada di dalam hutan-hutan kota tersebut, dan hal inilah yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu perlu dibuatkan tata guna lahan yang di dalamnya mengatur secara jelas dan detail mengenai  fungsi guna lahan, mana yang boleh dibangun dan tidak. Pembuatan taman di DAS Minapadi diharapkan memberikan manfaat kepada masyarakat sebagai ruang terbuka publik dan disisi lain sebagai kawasan yang tetap menjaga keseimbangan lingkungan biotik dan abiotik. Dana pemeliharaan (maintenance) taman kota yang berfungsi sebagai kawasan hutan lindung, harus dianggarkan dari awal, sehingga kedepannya keberadaan hutan-hutan kota ini akan tetap terjaga.

Author Biographies

HERMAN SUSILA
FT UTP SKA
TRI HARTANTO
FT UTP SKA
How to Cite
SUSILA, H., & HARTANTO, T. (1). STUDI PERMASALAHAN LINGKUNGAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) MINAPADI (Obyek Amatan: Jembatan Kandangsapi-Terminal Pedaringan di Surakarta). Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 20(24). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/487

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>