PELATIHAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DALAM MENINGKATKANKUALITAS (SDM) PADA INDUSTRI KREATIF CETAK SARING SABLON MANUAL

  • Zandra Dwanita Widodo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Abdullah Zaelani
  • Sri Wijiastuti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rini Adiyani Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Syahri Alhusin Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Dharyl Ubaid Choiri Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Human Resource Management Training, , Creative Industries, Manual Printing

Abstract

Sumber Daya Manusia merupakan modal fundamental sebuah industri kreatif untuk terus tumbuh dan eksis dalam iklim persaingan ekonomi yang semakin hari semakin ketat.  Untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, maka diupayakan dalam pemyelenggaraan pendidikan serta pelatihan untuk mengoptimalisasi efektifitas dan efisiensi kinerja yang maksimal pada seluruh Sumber Daya Manusia yang ada pada industri kreatif cetak saring sablon manual. Sering terjadi permsalahan pada industri kreatif mengenai keterampilan pada karyawan yang perlu untuk ditingkatkan dalam menginisiasi pentingnya sebuah perencanaan dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Permasalahan yang ditemui pada industri kreatif cetak saring sablon manual di wilayah Jaten Karanganyar adalah kurangnya pengetahuan dan praktik mengenai MSDM dalam efisiensi dan efektifitas kinerja yang dilakukan. Tujuan diadakanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dan pengalaman tentang MSDM secara sederhana kepada para karyawan industri kreatif cetak saring sablon manual di wilayah Jaten Karanganyar agar supaya dapat optimal dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi masing masing karyawan secara tanggung jawab dan terhindar dari penyalahgunaan wewenang dalam menjalankan aktivitas produksi. Manfaat dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bagi karyawan yaitu bertambahnya pengetahuan mengenai perencanaann, pengendalian, pelaksanaan, MSDM, dalam meningkatkan kinerja. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini dengan beberapa tahap, yaitu tahap persiapan, perencanaan, dan evaluasi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu karyawan dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman mengenai MSDM untuk membuat perencanaan kerja optimal serta, efektif dan efisien.

References

Gonthea, A. A., Herlina, E., & Kartika, R. (2023). Pengaruh pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia terhadap etos kerja pegawai (Studi pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis).

Imron, F., Wijiastuti, S., Eni, I., Abdullah, S., Supartini, S., Marina, R., & Widodo, Z. D. (2023). Optimalisasi talenta melalui workshop public speaking, content creator dan event marketing. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 164–169.

Iskandar, D. (2018). Strategi peningkatan kinerja perusahaan melalui pengelolaan sumber daya manusia dan kepuasan kerja dan dampaknya terhadap produktivitas karyawan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(1), 23–31.

Kasmawati, K. (2018). Sumber Daya Manusia Sebagai Sumber Keunggulan Kompetitif. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2 (2), 229.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.

Ningrum, T. K., Widodo, Z. D., & Sumarto, L. (2023). Analisis pengaruh kepemimpinan, disiplin kerja dan motivasi terhadap kinerja karyawan PT Batik Keris di Surakarta. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 10(2), 4023–4032.

Prabowo, F., Widodo, Z. D., & Zailani, A. (2023). Analisis hubungan pelayanan optimal dengan kepuasan pelanggan pada PT pegadaian CP Sukoharjo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 10(1), 343–353.

Putri, E. R., Ariyanto, A., Widodo, Z. D., Idrus, S., Ahdiyat, M., Wicaksono, T., Rimayanti, R., Satmoko, N. D., Kartika, R. D., Wijiharta, W., Dudija, N., & Safitriani, I. (2023). Human resources and organization. In E. R. Putri (Ed.). CV Widina Media Utama.

Widodo, Z. D., Agustini, I. G. A. A., Utama, A. M., Santosa, S., Novianti, R., Anggraini, R. I., Bangun, R., Pramanik, P. D., Permata, D., Ahdiyat, M., Dudija, N., Wijiharta, W., & Nugroho, L. (2023). Manajemen talenta. In Z. D. Widodo (Ed.), CV Widina Media Utama.

Widodo, Z. D., Wijiastuti, S., Adiyani, R., & Zailani, A. (2022). Analisis pengaruh kepemimpinan, pelatihan dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan industri kreatif sablon manual PT. XYZ. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UTP Surakarta, 2(1), 83–88.

Published
2023-07-15
Section
Articles