PENDAMPINGAN PENGAJARAN MAHASISWA PGSD FKIP UM BUTON DI SD NEGERI 2 WAMEO
Abstract
Pengabdian masyarakat di SD Negeri 2 Wameo ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa PGSD dalam menyampaikan pembelajaran yang efektif dalam rangka pengembangan metode dan pendekatan pembelajaran yang efektif. Kegiatan pengabdian ini menggunakan praktek kepada mahasiswa dalam melaksanakan prosedur mengajar. Program ini dilaksanakan bekerja sama dengan kepala sekolah dan guru SD Negeri 2 Wameo. Teknik yang dilaksanakan dalam kegiatan tersebut adalah dengan memberikan bantuan kepada mahasiswa untuk menjadi guru yang baik di kemudian hari, berupa tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat. Kepala sekolah dan guru SD Negeri 2 Wameo terlibat dalam kegiatan ini. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa siswa siap mengajar di SD Negeri 2 Wameo dengan nilai bobot 1021,8 dan nilai rata-rata 78,6. Hal ini menunjukkan bahwa siswa siap untuk mengajar dalam pengajaran terbimbing, mengajar mandiri, dan ujian akhir
References
Aliyyah, R. R., Rahmawati, Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. P. (2021). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676.
Diana Kartika, Oslan Amril, Ali Mardius, Andika Prajana, Yuni Astuti, Z. (2019). Pendampingan Mahasiswa terhadap Metamorfosis Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid 19. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 1–8.
Farida Nuryantiningsih, Daryanto, W. D. P. (2021). Jurnal Panjar?: Pengabdian Bidang Pembelajaran Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar dalam Penguatan. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pengajaran, 3(2), 38–41.
Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108.
Fauzi, T. I., Astuti, N. P., & Rahmawati, D. N. U. (2021). Program Kampus Mengajar (Pkm) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik Di Sdn 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Jurnal BUDIMAS, 03(02), 483–490.
Huda, N., Mardiana, N., & Imayah, I. (2020). Strategi Pembelajaran bagi Guru di Lembaga Pendidikan Islam Anak Sholeh Pepelegi, Sidoarjo. To Maega?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 111.
Istiatin, Fitriyana, A., & Asmawati, N. (2021). Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JIPkM). Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JIPkM), 1(2), 71–79.
Malalina, R. F. Y. (2018). Pelatihan Google Classroom Untuk Mengoptimalisasi Proses Pembelajaran Di Fkip Universitas Tamansiswa Palembang. Jurnal Cemerlang: Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 58–70.
Martiarini, E., & Lestari, A. R. E. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pengabdian Kepada Masyarakat di Kota Bekasi. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 2(2), 1–8.
Mohammad Nuril Hudha, A. R. (2018). PKM Pelatihan Model-Model Pembelajaran Kurikulum K13 di SD Ulil Albab Desa Sumber Kolak Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Pengabdian Integritas?: Jurnal Pengabdian, 2(1), 1–11.
Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 166–173.
Nyompa, S., & Abidin, M. R. (2018). PKM Strategi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri Satap 4 Maniangpajo. Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 1093–1099.
Rahmani, A., & Rustandi, R. (2021). Kontribusi Mahasiswa di Bidang Pendidikan dalam Suasana Covid-19 di Kampung Bunisari Rw 11 Desa Cimenyan. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(40).
Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30.
Silviana Nur Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).
Simanungkalit, L. N., & Putrawan, B. K. (2021). Penyuluhan Metode Pembelajaran yang Efektif Bagi Guru-Guru PAUD. Jurnal MATAPPA?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 19–30.
Suhelli. (2013). Strategi Guru dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Tematik pada MIN di Kota Banda Aceh. Journal of Education, 53(9), 91.
Widyaputra, S. (2018). Pembelajaran mahasiswa KKN terintegrasi PPM Universitas Padjadjaran dalam menyampaikan prototipe hasil penelitian program. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2)
Copyright (c) 2022 Tarno Tarno, Muhammad Yusnan, Yussy Maulidian Auril Putri Al’Imran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).