PELATIHAN PENULISAN MAKALAH PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON
Abstract
Pengabdian ini bertujuan sebagai sarana meningkatkan minat dan meningkatkan keahlian dalam upaya meningkatkan kualitas mahasiswa. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 20 peserta mahasiswa. Pengabdian yang menggunakan Teknik ini dilakukan dengan pemecahan masalah yang ditempuh meliputi: (1) spesifikasi kegiatan menulis dalam makalah, (2) penjelasan isi, dan (3) pemberian tugas, serta (4) evaluasi akhir yang merupakan tahapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Program pengabdian masyarakat ini dengan menggunakan pre-test dan post-test. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan tiga tahapan, pertama: tahap persiapan, kedua, tahap pelaksanaan, dan ketiga tahap evaluasi. Hasil menunjukan bahwa pemahaman mahasiswa meningkat setelah mengikuti pelatihan penulisan makalah pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Buton
References
Adhikara, M. A., Handayani, S., Jumono, S., & Darmansyah, D. (2014). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas, 1(1), 41–53.
Anwar, R. N., Handayani, E. N., & Quintania, M. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah untuk Mahasiswa di Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 72–78.
Astuti, D. S., & Sari, D. S. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Hermin Timika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional, 10(2), 315–324.
Budiwibowo, S. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 1(1).
Budiyanto, E., & Nugroho, E. (2020). Pelatihan Penulisan dan Submit Artikel Ilmiah melalui Online Journal System bagi Mahasiswa Tingkat Akhir. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 452–457.
Fuady, I. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah pada Mahasiswa Anggota Fordis. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 5(1), 34–37.
Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12–20.
Istiatin, Fitriyana, A., & Asmawati, N. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (Tugas Akhir dan Skripsi) Bagi Mahasiswa D3 dan S1 di Provinsi Jawa Dan Luar Jawa. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JIPkM), 1(2), 71–79.
Ma’ruf, H. M., & Fitria, T. N. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dari Skripsi dan Tesis Untuk Mahasiswa Serta Cara Publikasinya ke Jurnal Nasional. Jurnal Abdaya, 1(September), 6–13.
Malinda Fatmawati, R. W. A. (2019). Pelatihan Penyusunan Makalah yang Berkualitas untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. JPPNu (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara), 3(2), 104–108.
Nurananda, M. F., Thamrin, A. M., & Fadly, M. (2021). Pelatihan pembuatan makalah dengan microsoft office 1-3. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, 2, 110–113.
Rosyidah, A. N. K., Ermiana, I., Widodo, A., Haryati, L. F., Novitasari, S., & Anar, A. P. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Guru SD 1 dan 45 Pemenang Lombok Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 240–246.
Safitri, R. A., Hatimah, H., Indah, D. R., Sains, F., Terapan, T., Mandalika, U. P., & No, J. P. (2021). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia UNDIKMA. Jurnal Abdi Masyarakat, 3(2), 41–44.
Sahyrain, R., Nasar, F., & Hatim, F. (2020). Pelatihan Penulisan Makalah, Proposal, dan Skripsi. Jurnal Available Online At, 1.
Shudiq, W. J., Ulfa, Z., Vitria, D., Alfariqi, A., & Firdaus, A. (2021). PKM Pelatihan Pembuatan Karya Ilmiah kepada untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa SMK Nurul Jadid Paiton Probolinggo. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(3), 619–625.
Simon, S., Lantang, T., Yulianto, A. T., & Saputro, A. K. (2022). Pelatihan Penggunaan Mendeley Desktop dalam Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Pascasarjana Sekolah Tinggi Teologi Anugrah Indonesia. Real Coster?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1–11.
Wahed, A., Mus, S., & Nurochmah, A. (2020). PKM Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Online bagi Mahasiswa Semester Akhir. Seminar Nasional Hasi Pengabdian 2021, 191–195.
Zunaidi, A. (2022). Diklat Makalah Sebagai Implementasi Potensi Kepenulisan Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Mahasiswa Selama Pandemi Covid19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1–7
Copyright (c) 2022 Mitrakasih La Ode Onde, Eka Rosmitha Sari, Gawise Gawise

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).