PEMANFAATAN HASIL PERTANIAN MASYARAKAT TOBELO DALAM PENINGKATAN KREATIFITAS MAHASISWA
Abstract
Perkembangan dunia usaha kuliner pada saat ini menuntut kita untuk berpikir secara kreatif dan inovatif sehingga menghasilkan sebuah pembaharuan pada setiap produk yang dihasilakn. Singkong merupakan salah satu bahan baku yang sangat mudah didapatkan di Tobelo Kabupaten Halmahera Utara mengiat bahwa rata-rata masyarakat memiliki perkebunan singkong. Singkong dapat dikembangkan menjadi inovasi baru dari produk cemilan keripik guna meningkatkan nilai ekonomis. Tujuan Pelaksanaan kegiatan ini yakni mengaplikasikan teori yang di pelajari pada mata kuliah Kewirausaha dan untuk menciptakan suatu produk baru dari hasil olahan berbahan dasar singkong yang unik dengan berbagai macam rasa yang ditawarkan, serta meningkatkan nilai ekonomi dari singkong. Program Kreativitas Mahasiswa ini kami jalankan dengan cara membagikan sepuluh bungkus produk kepada mahasiswa dan masyarakat sekitar. Hasil yang kami peroleh bahwa produk ini sudah sangat cukup baik dari segi rasa dan kemasannya.
References
Carlina, G., Ekowati, S. (2022). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Minat Beli Konsumen Bakso O’Boss Di Kota Bengkulu, EKOMBIS REVIEW : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2). https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i12
Junita., Toni., Rohana., Munthe, V.S., Pohan, M., Sari, N., Mei, R., Sabrina., Harahap, R. 2021. Usaha Keripik Ubi Ungu Dalam Menambah Pendapatan Ekonomi Keluarga Di Desa Kampung Baru Janji. Ika Bina En Pabolo : Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1, No. 1. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ikabinaenpabolo/article/view/3500
Kasmir. 2012. Kewirausahaan. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Paramita, M., Muhlisin, S., Palawa, I. 2018. Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal. Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 4, No.1. https://ojs.unida.ac.id/QH/article/view/1186
Praswati, A.N. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Wirausaha di Kalangan Mahasiswa Studi Kasus: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Seminar Nasional dan Call of Paper (Sancall2014): Research Methods and Organizational Studies. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/4647
Rahmadi, A.N. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri. Jurnal Ekonika, Universitas Kediri. Vol. 1, No. 2, September 2016. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/ekonika/article/view/13
Yentisna, Alfin, A. 2021. Minat Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Kreativitas Dan Inovasi Pada Mahasiswa Universitas Dharma Andalas Padang (Studi Kasus : Mahasiswa FEB S1 Manajemen ). Jurnal Menara Ilmu. Vol. XV No.01 Januari 2021. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/2373
Yuliarma, 2010. Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Melalui Pembelajaran TrainingModel dan Penilaian Portofolio. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Nomor 1. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i1.433
Copyright (c) 2023 Seling Trensiana Kawolio, Hesly Nadya Ngangangor, Jesica Trifilya Arehati, Martanovita Barati, Junchristy Jawali Pattiasina, Sahrul Hi. Posi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).