UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN LEMPAR TURBO DENGAN PENDEKATAN LEMPAR SASARAN BAGI SISWA KELAS V SD ALKAUTSAR BANDAR LAMPUNG

  • Marselin Amallo Universitas Lampung
  • Dwi Priyono Universitas Lampung
  • Candra Kurniawan Universitas Lampung
  • Herman Tarigan Universitas Lampung

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan lempar turbo dengan pendekatan lempar sasaran pada siswa kelas V SD Al Kautsar Bandar Lampung.Metode Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Al Kautsar Bandar Lampung. sebanyak 28 siswa terdiri 13 siwa putra dan 15 siswa putri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan lempar sasaran upaya meningkatkan keterampilan lempar turbo ini menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Setelah data dianalisis pada siklus pertama telah menghasilkan ketuntasan belajar 10 dari siswa atau sebesar 35,71% dengan tingkat efektivitas 29,71%, pada siklus kedua ketuntasan belajar meningkat 7 siswa atau sebesar 38,89% dengan tingkat efektivitas 31,10%, dan pada siklus ketiga meningkat kembali ketuntasan belajar meningkat 7 siswa atau sebesar 63,64% dengan tingkat efektivitas 54,71%. Total siswa yang mencapai ketuntasan dari siklus satu hingga siklus ketiga berjumlah 24 siswa. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini dengan pendekatan permainan lempar sasaran upaya meningkatkan keterampilan lempar turbo pada setiap siklusnya meningkatkan hasil belajar dan efektivitas serta treatment yang diberikan telah memberikan pengaruh yang berarti dalam peningkatan persentase keberhasilan keterampilan lempar turbo pada siswa kelas V B SD Al Kautsar Bandar Lampung.

References

Ahlunnazar, A., Subagio, S., & Taufik, K. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lempar Turbo Melalui Permainan Bola Berekor Pada Siswa Sekolah Dasar. Gelora: Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP Mataram, 8(1), 73–78.

Anwar, M. H. (2005). Pendidikan Jasmani Sekolah DasarSebagai Wahana Kompensasi Gerak Anak. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1).

Aprilyanti, H. (2014). Peningkatan Pembelajaran Lempar Turbo Melalui Permainan Bola Sasaran. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 3(3).

Arfanda, P. E. (2024). Dasar-Dasar Atletik Jalan dan Lari. Penerbit NEM.

Arfanda, P. E., Puspita, L., & Wahid, W. M. (2022). Implementasi Ilmu Keolahragaan Dalam Perkembangan Olahraga Disabilitas Indonesia. Penerbit NEM.

Arif, H. (2022). Peningkatan aktivitas gerak lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif menggunakan model permainan pada siswa sekolah dasar. Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Asih, S. C. T., Tarigan, H., & Jubaedi, A. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Alat Modifikasi Siswa SD. JUPE (Jurnal Penjaskesrek), 7(2).

Bahagia, Y. (2012). Pembelajaran atletik. Pembelajaran Atletik, Departemen Pendidikan Nasional, 2–94.

Budi, D. R. (2021). Modifikasi pembelajaran pendidikan jasmani.

Da’i, M. (2023). Pembelajaran Atletik.

Darmadi, H., & MM, M. M. (2018). Asyiknya belajar sambil bermain. Guepedia.

Eriati, P., & Lubis, A. (2021). Pembelajaran Lempar Turbo Menggunakan Permainan Lempar Sasaran Siswa Kelas VI SD Negeri 004 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. JURNAL SPORT ROKANIA, 1(2), 101–107.

Febrianti, R. (2015). Pengembangan Materi Atletik melalui Permainan Atletik Jalalole untuk Siswa SD Kelas IV. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1).

Gunawan, G., Suhairi, M., & Daryanto, Z. P. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Lempar Turbo Dengan Modifikasi Media Belajar Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 2(1), 17–28.

Hanief, Y. N. (2017). Membentuk gerak dasar pada siswa sekolah dasar melalui permainan tradisional. Journal of Sportif, 1(1), 60–73.

Hidayat, A. S., Dlis, F., & Hanief, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Nomor Lari Berbasis Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Iswanto, A., & Widayati, E. (2021). Pembelajaran pendidikan jasmani yang efektif dan berkualitas. MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga, 27(1), 13–17.

Khadijah, M. A., & Amelia, N. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini: teori dan praktik. Prenada media.

Khoerudin, H. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Kids Atletik Lempar Turbo Melalui Modifikasi Permainan Bola Berekor Bagi Siswa Kelas 5 SDN 1 Sukorejo Tahun Ajaran 2013/2014. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(3).

Lengkana, A. S. (2016). Didaktik metodik pembelajaran (DMP) aktivitas atletik. Salam Insan Mulia.

Muhtar, T., & Irawati, R. (2009). Atletik. UPI sumedang press.

Mustafa, I. (2022). Pengaruh Daya Ledak Tungkai, Keseimbangan dan Tinggi Badan terhadap Kemampuan Lompat Jauh pada SMP Negeri 2 Bolupoddo. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 6(1), 22.

Nanda, I. (2021). Pengertian Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif, 1.

Nugroho, R. A. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kemampuan Gerak Dasar Manipulatif Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran Sederhana pada Siswa Kelas III B SD Djama’atul Ichwansurakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.

Nuraini, N. L. S., & Isbadria, N. (2018). Implementation of Game-Based Learning in Elementary School: A Content-Analysis Study. International Conference on Education and Technology (ICET 2018), 121–124.

Pahliwandari, R. (2016). Penerapan teori pembelajaran kognitif dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5(2), 154–164.

Rumini, R. (2014). Pembelajaran Permainan Kids’atlhletics Sebagai Wujud Pengembangan Gerak Dasar Atletik Pada Anak-Anak. Journal of Physical Education Health and Sport, 1(2), 98–107.

Sari, S. D., & Suripto, A. W. (2021). Profil Kondisi Fisik Atlet Lari Jarak Jauh Klub Atletik Bima Cepu Kabupaten Blora Tahun 2020. Indonesian Journal For Physical Education And Sport, 2(1), 398–402.

Septiria, R., & Subandowo, M. (2020). Influence of With Pair Jump Rope Training and Ladder Drill Model on Kids Athletic Improvement. Jp. Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 4(1), 168–182.

Sutikno, S. (2014). Metode dan model-model pembelajaran. Lombok: Holistica.

Ulum, A. S. (2013). Pengaruh Tinggi dan Berat Badan Terhadap Kecepatan Lari Jarak Pendek Peserta didik SMK Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Pascasarjana.

Widya, M. D. A. (2004). Belajar berlatih gerak-gerak dasar atletik dalam bermain. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yuniani, I. (2012). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lari Cepat melalui Pendekatan bermain dengan Alat Bantu pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mojosongo 02 Kecamatan Jebres Surakarta.

Published
2025-01-10
How to Cite
Marselin Amallo, Dwi Priyono, Candra Kurniawan, & Herman Tarigan. (2025). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN LEMPAR TURBO DENGAN PENDEKATAN LEMPAR SASARAN BAGI SISWA KELAS V SD ALKAUTSAR BANDAR LAMPUNG. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 11(1), 214-228. https://doi.org/10.36728/jip.v11i1.3923

Most read articles by the same author(s)