PENGARUH PEMBELAJARAN VISUALISASI DAN PRAKTIK TERHADAP KECEPATAN RENANG GAYA BEBAS PADA ANAK USIA 10-13 TAHUN DI CLUB SIGER SEMBILAN SWIMMING LESSONS BANDAR LAMPUNG

  • Wansri Citra Rumondang Universitas Lampung
  • Herman Tarigan Universitas Lampung
  • Candra Kurniawan Universitas Lampung
  • Surisman Universitas Lampung

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran visualisasi dan praktik terhadap kecepatan renang gaya bebas pada anak usia 10-13 tahun di Club Siger Sembilan Swimming Lessons Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain penelitian pretest-posttest design. Sampel digunakan sebanyak 30 anak yang dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik ordinal pairing. Instrumen yang digunakan adalah tes kecepatan renang gaya bebas 25 meter. Teknik analisis data menggunakan tes dan pengukuran yaitu analisis uji t dengan ? = 0,05, melalui uji prasyarat, uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan dari pembelajaran visualisasi dan praktik terhadap kecepatan renang gaya bebas dengan nilai thitung = 8,936 > ttabel = 2,145. 2) Ada pengaruh pembelajaran non visualisasi dan praktik terhadap kecepatan renang gaya bebas, dengan nilai thitung = 5,121 > ttabel = 2,145. 3) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran visualisasi dan praktik dengan non visualisasi pada anak usia 10-13 tahun di Club   Siger   Sembilan   Swimming   Lessons   Bandar   Lampung, dengan nilai thitung = 1,913 < ttabel= 2,048.

References

Anam, M. S., Sugiarto, T., & Wahyudi, U. (2017). Pengembangan variasi latihan teknik dasar renang gaya bebas dan gaya dada melalui video compact disk pada kegiatan ekstrakurikuler renang di SMP Negeri 8 Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 74–86.

Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.

Azizah, N. (2017). Hubungan Kecepatan, Kelentukan Dan Daya Tahan Vo2max Terhadap Prestasi Renang Gaya Bebas 50 Meter Pada Siswa Ekstrakulikuler Renang SMK Negeri 2 Bandar Lampung.

Azizah, N. N., Wiyono, W., & Suranto, S. (2017). Hubungan Kecepatan, Kelentukan dan Daya Tahan Terhadap Prestasi Renang Gaya Bebas. JUPE (Jurnal Penjaskesrek), 5(4).

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(3), 157.

Hamdayama, J., Si, M., & Pd, S. (2019). Modeldan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter.

Jayanti, K. D., Santoso, S., Muryadi, A. D., Febrianti, R., & Mokhammad, F. (2024). Pengaruh Penggunaan Alat Swim Vest dan alat Swimming Board terhadap Kemapuan Renang Gaya Bebas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 10(2).

Kiram, Y. (2016). Belajar Keterampilan Motorik (Edisi Revisi).

Kurniawan Erik, E., Wahyudi, E., & Yulizah, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv Muatan Bahasa Indonesia Di Sd Negeri 134 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67

Martinus, M., Manullang, J. G., Aliriad, H., Endraw, I. B., Dwijayanti, K., Jamaliah, N., & Makorohi, M. F. (2024). Approach to the Game Take the Ball to Practice Swimming Skills for Beginners in Physical Education. International Journal of Disabilities Sports and Health Sciences, 7(4), 905–913. https://doi.org/10.33438/ijdshs.1486779

Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114.

Mustafa, P. S. (2020). Kontribusi Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia dalam Membentuk Keterampilan Era Abad 21. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 4(3), 437–452.

Navisha, R. I., Tastra, I. D. K., & Dibia, I. K. (2017). Pengaruh Model Stad Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sd Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).

Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani & Olahraga. El Markazi.

Nugroho, U., Kor, S. P., & Or, M. (2021). Mari Memahami Pembelajaran Gerak Pendidikan Jasmani. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.

Pebriani, N. L. P. P., Japa, I. G. N., & Antara, P. A. (2021). Video pembelajaran berbantuan YouTube untuk meningkatkan daya tarik siswa belajar perubahan wujud benda. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 397–407.

Purbangkara, T., Kurniawan, F., & Mahtumi, I. (2022). Buku Bahan Ajar Ilmu Faal Olahraga Dan Praktikum. uwais inspirasi indonesia.

Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bergambar bagi anak usia dini dalam bingkai islam dan perspektif pakar pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173–187.

Rezki, R., Jatra, R., & SM, N. R. (2019). Analisis teknik renang gaya bebas pada mahasiswa mata kuliah renang Program Studi Penjaskesrek FKIP UIR. Journal Sport Area, 4(1), 258–265.

Rizal Bastomi, M. (2017). Pengaruh Penerapan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada (Studi Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(1), 5–9.

Rumawatine, Z. (2024). Buku Ajar Konsep Dasar PJOK. Mega Press Nusantara.

Sanjaya, P. M. D., & Rediani, N. N. (2022). Pembelajaran berbantuan video model latihan renang gaya bebas terhadap penguasaan gaya bebas dan kecepatan renang siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 295–303.

Senja, A., & Prasetyo, T. (2021). Perawatan Lansia oleh keluarga dan care giver. Bumi Medika (Bumi Aksara).

Sumantri, A. (2021). Efektivitas Metode Melatih Menggunakan Alat Bantu Pelampung Dan Tanpa Alat Bantu Pelampung Terhadap Kecepatan Renang Gaya Bebas 5o Meter. Educative Sportive, 2(2), 1–4.

Suratun, S., Irwandani, I., & Latifah, S. (2018). Video pembelajaran berbasis problem solving terintegrasi chanel youtube: pengembangan pada materi cahaya kelas VIII SMP. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 271–282.

Tiara Voting Oktaviani, Karlina Dwijayanti, & Satrio Sakti Rumpoko. (2023). Hubungan Panjang Tungkai, Tinggi Badan, Dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Renang Gaya Dada 50 Meter Pada Atlet Renang Kelompok Umur 2 (Umur 12-16 Tahun) Di Paswind Club Solo. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 9(1), 62–76. https://doi.org/10.36728/jip.v9i1.2099

Trimuliana, I., Zulfikar, M. P., & Permana, R. (2022). Aktivitas Fisik Sebagai Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Edu Publisher.

Published
2025-01-10
How to Cite
Wansri Citra Rumondang, Herman Tarigan, Candra Kurniawan, & Surisman. (2025). PENGARUH PEMBELAJARAN VISUALISASI DAN PRAKTIK TERHADAP KECEPATAN RENANG GAYA BEBAS PADA ANAK USIA 10-13 TAHUN DI CLUB SIGER SEMBILAN SWIMMING LESSONS BANDAR LAMPUNG. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 11(1), 119-133. https://doi.org/10.36728/jip.v11i1.4041