PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI ANTARA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI PERKOTAAN DAN PEDESAAN PROVINSI LAMPUNG
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbandingan tingkat kebugaran jasmani antara siswa sekolah menengah atas di perkotaan dan pedesaan Provinsi Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif tentang tingkat kebugaran jasmani siswa di perkotaan dan pedesaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 2.435 siswa, dengan mangambil sampel sebanyak 100 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dengan instrumen Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Fase EF, untuk anak SMA/SMK dari Kemdikbud. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t melalui prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis hasil penelitian TKSI yang diperoleh rata-rata nilai kebugaran jasmani siswa laki-laki perkotaan sebesar 15,28 dan pedesaan sebesar 18,4. Sedangkan rata-rata nilai kebugaran jasmani siswa perempuan perkotaan sebesar 14,36 dan pedesaan sebesar 17,04. Siswa pedesaan yang memiliki aktivitas fisik yang lebih banyak, asupan gizi dan makanan yang lebih baik, lingkungan dan kondisi geografis yang mendukung, ternyata memiliki tingkat kebugaran jasmani yang lebih baik daripada siswa perkotaan. Sehingga berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa terdapat perbandingan tingkat kebugaran jasmani antara siswa perkotaan dan pedesaan.
References
Adi, S., Soenyoto, T., Aliriad, H., & Utama, M. B. R. (2025). Manajemen Aktivitas Fisik Siswa. Cahya Ghani Recovery.
Aini, M. N. (2017). Status Gizi, Aktivitas Fisik, dan Kebugaran Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Penggunaan Gadget di Bogor. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Alfani, W. H. (2022). Problematika pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) secara hybrid learning di MIM 06 Al Amin Paciran Lamongan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Aliriad, H., Da’i, M., & Apriyanto, R. (2023). Strategi Peningkatan Motorik untuk Menstimulus Motorik Anak Usia Dini melalui Pendekatan Aktivitas Luar Ruangan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4609–4623.
Andriani, N., Nurdin, A., Fitria, U., & Dinen, K. A. (2024). Perilaku konsumsi makanan cepat saji pada remaja dan dampaknya bagi kesehatan. Public Health Journal, 1(2).
Arisandi, Y., & Neldi, H. (2023). Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Jurnal JPDO, 6(1), 53–58.
Bryantara, O. F. (2016). Faktor yang berhubungan dengan kebugaran jasmani vo2maks atlet sepakbola. Jurnal Berkala Epidemiologi, 4(2), 237–249.
Dwijayanti, K., Firdaus, M., & Yusuf, M. (2023). Aplikasi Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Gerak Dasar Lompat pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan …, 9(2), 225–235. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/2538%0Ahttps://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/download/2538/2108
Freysi Pinontoan, F., Nur Hidayati, R., & Triwibowo, H. (2025). Hubungan Antara Konsumsi Junk Food Dan Aktivitas Dengan Status Gizi Pada Remaja Di SMK Gema 45 Surabaya. Perpustakaan Universitas Bina Sehat PPNI Mojokerto.
Gunarsa, S. D., & Wibowo, S. (2021). Hubungan kualitas tidur dengan kebugaran jasmani siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 43–52.
Jajiyah, N. K., Gumilar, A., Hambali, B., & Negara, J. D. K. (2024). Analisis Kualitas Hidup Siswa Sekolah Menengah Berdasarkan Aktivitas Olahraga dan Demografi Wilayah. Jurnal Pendidikan Olahraga, 14(1), 13–19.
Juana, S. Y. A., Abdullatip, P., Fachrezi, D. A., Wahyudi, A., Permana, D. S., & Tarigan, B. (2024). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Aktivitas Fisik Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Spirit, 24(2), 80–91.
Khairuddin, K. (2017). Olahraga dalam pandangan islam. Jurnal Olahraga Indragiri, 1(2), 1–14.
Latar, I. M., & Tomasoa, J. J. T. (2020). Pengaruh tingkat kebugaran jasmani terhadap hasil belajar bolabasket mahasiswa program studi penjaskesrek angkatan 2018. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 407–415.
Majid, W. (2020). Perilaku aktivitas olahraga terhadap peningkatan kebugaran jasmani pada masyarakat. Seminar Nasional Keolahragaan, 1.
Mazwan, M. Z., Imran, M. I., & Mumpuni, G. (2022). Selera penduduk kota terhadap fast food (studi kasus konsumen 7sevenchicken malang, indonesia). Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), 10(2), 289–298.
Mujahid, A. (2024). Dampak Gadget dan Motivasi Belajar Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SMA Negeri 14 OKU. Universitas PGRI Palembang.
Mulyo, S., Kristiyanto, A., & Kiyatno, K. (2014). Kebijakan Pemerintah Tentang Penyediaan Fasilitas Olahraga Pendidikan di SMP Se-kabupaten Demak (Analisis Tentang Prosedur, Pemerataan, Ketersediaan, dan Ketercukupan Fasilitas Olahraga Pendidikan). Indonesian Journal of Sports Science, 1(1), 218341.
Mutafi, A. (2020). Pilar-Pilar Manajemen Sumber Daya Manusia (Msdm) Dalam Menghadapi Era Global. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 20(2), 106–125.
Oktaviani, N. A., & Wibowo, S. (2021). Survei tingkat kebugaran jasmani siswa smp negeri di Madiun. Jurnal Pendidikan Olaharaga Dan Kesehatan, 9(1), 7–18.
Panggraita, G. N., Tresnowati, I., & Putri, M. W. (2020). Profil tingkat kebugaran jasmani mahasiswa program studi pendidikan jasmani. Jendela Olahraga, 5(2), 27–33.
Prianto, D. A. (2021). Olahraga Pendidikan Dan Olahraga Prestasi. Kajian Ilmu Keolahragaan Ditinjau Dari Filsafat Ilmu, 135.
Riniwati, H. (2016). Manajemen sumberdaya manusia: Aktivitas utama dan pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press.
Riyanto, P. (2020). Kontribusi aktifitas fisik, kebugaran jasmani terhadap hasil belajar pendidikan jasmani. Journal of Physical and Outdoor Education, 2(1), 117–126.
Riyoko, E., & Al Ghani, M. (2022). Kebijakan Pemerintah Pada Bidang Olahraga Di Musi Banyuasin. Bening Media Publishing.
Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat kebugaran jasmani dan aktivitas fisik siswa sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 9(01), 511–519.
Rumpoko, S. S., Jayanti, K. D., Febrianti, R., Hakim, A. R., Sunjoyo, S., & Sistiasih, V. S. (2022). Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Prodi Pendidikan Olahraga. Jurnal Porkes, 5(1), 260–271.
Rusdin, R., Salahudin, S., Rudiansyah, E., Saputra, R., & Furkan, F. (2023). Peran Kepemimpinan Dalam Olah Raga Untuk Membangun Nilai Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 10(2), 90–106.
Saharullah, S., Nur’Annisa, N., & Setyagraha, E. (2024). Perbandingan Tingkat Kesegaran Jasmani Remaja di Daerah Perkotaan dengan di Daerah Pedesaan di Kabupaten Majene. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 13854–13867.
Sumargo, B. (2020). Teknik sampling. Unj press.
Syafruddin, M. A., Jahrir, A. S., & Yusuf, A. (2022). Peran pendidikan jasmani dan olahraga dalam pembentukan karakter bangsa. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 10(2), 73–83.
Thahir, A. I. A., & Masnar, A. (2021). Obesitas Anak dan Remaja: Faktor Risiko, Pencegahan, dan Isu Terkini. Edugizi Pratama Indonesia.
Wiarto, G. (2021). Kepemimpinan dan Manajemen Olahraga. guepedia.
Wicaksono, A., & Handoko, W. (2020). Aktivitas fisik dan kesehatan. Akt Fis Dan Kesehatan.
Wulandari, D., Syafi’i, M., & Suwardana, O. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Media Penilaian Berbasis Online Menggunakan Aplikasi Quizizz dan Google Form pada Materi Matriks. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 114–126.
Yetmi, F., Harahap, F. S. D., & Lestari, W. (2021). Analisis Faktor yang Memengaruhi Konsumsi Fast Food pada Siswa di SMA Cerdas Bangsa Kabupaten Deli Serdang Tahun 2020. STUDIA: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa, 6(1), 24–47.
Yulianti, M., Irsyanty, N. P., & Irham, Y. (2018). Tingkat kesegaran jasmani mahasiswi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi tahun akademik 2017/2018 Universitas Islam Riau. Journal Sport Area, 3(1), 55–69.
Yulianto, A., Risyanto, A., Mudian, D., & Haris, I. N. (2021). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Antara Siswa yang Bersekolah di Kota (SMPN 1 Purwakarta) dan di Desa (SMPN 2 Cibatu) di Kabupaten Purwakarta. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 137–146.
Yusuf, R. A. (2022). Aktivitas fisik pada remaja. Penerbit NEM.
