REPRODUKSI KETIDAKSETARAAN SOSIAL MELALUI STRUKTUR KOMPETISI OLAHRAGA PADA PERSPEKTIF SOSIOLOGI

  • Rival Ferryanzah Universitas Negeri Medan
  • Mardinata E.M Siburian Universitas Negeri Medan
  • Rinaldi Universitas Negeri Medan
  • Ibnu luthfi Universitas Negeri Medan
  • Nurkadri Universitas Negeri Medan
Kata Kunci: Ketidaksetaraan Sosial, Kompetisi Olahraga, Perspektif Sosiologis, Reproduksi, Struktur Sosial

Abstrak

Ketidaksetaraan sosial merupakan isu yang meresap dalam berbagai aspek kehidupan manusia, dan kompetisi olahraga menjadi arena yang signifikan untuk reproduksi ketidaksetaraan tersebut. Penelitian ini menjelajahi dinamika reproduksi ketidaksetaraan sosial melalui lensa perspektif sosiologis dalam konteks kompetisi olahraga. Latar belakang menyoroti prevalensi disparitas sosial dan dampaknya terhadap struktur kompetisi olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk memahami mekanisme melalui mana ketidaksetaraan sosial dipertahankan dalam domain olahraga. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis kualitatif, dengan memanfaatkan wawancara, observasi, dan analisis kompetisi olahraga untuk mengumpulkan data. Temuan menunjukkan bahwa struktur sosial yang ada sangat memengaruhi akses, peluang, dan kesuksesan dalam olahraga, menciptakan siklus reproduksi ketidaksetaraan. Struktur kompetisi berfungsi sebagai cermin dari disparitas sosial yang lebih luas, yang lebih memperkuat pembagian sosial.

Referensi

Barnett, Brian C. 2022. Pengantar Filsafat: Epistemologi.

Fadhlullah, Firas, and Gina Tri Azizah. 2024. “Analisis Dampak Pelecehan Seksual Terhadap Atlet.” Pubmedia Jurnal Pendidikan Olahraga 1(2):10. doi: 10.47134/jpo.v1i2.282.

Handayani, Wuri. 2018. “Diskriminasi Gender Dalam Pendidikan.” Muwazah 10(2):198–224. doi: 10.28918/muwazah.v10i2.1784.

Indri, Nur, Yani Harahap, Silfia Hanani, Andy Riski Pratama, Pascasarjana Manajemen, Pendidikan Islam, Universitas Islam, Negeri Sjech, M. Djamil, Djambek Bukittinggi, Jl Gurun Aua, Kubang Putiah, Kec Banuhampu, Kota Bukittinggi, and Sumatera Barat. 2024. “Peran Pendidikan Islam Dalam Mempertahankan Integrasi Sosial: Pandangan Emile Durkheim Dalam Sosiologi Pendidikan.” Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan 3(1):1–11.

Jatmiko, E. B., D. Susilawati, S. Gultom, M. E. Rahmuniyati, and ... 2022. Akademisi Sebagai Fasilitator Peningkat Kompetensi Dan Skill.

Komang Widya Purnama Yasa, I. 2023. “Strategi Komunikasi Dalam Pengelolaan Dan Penataan Kawasan Wisata Kuta Menjelang Motogp 2023.” Jurnal Pariwisata Budaya Dan Keagamaan 2(1):128–42.

Marhumah, Ema. 2011. Konstruksi Sosial Gender Di Pesantren; Studi Kuasa Kiai Atas Wacana Perempuan. Lkis Pelangi Aksara.

Nasrul, Nasrul. 2023. “Stratifikasi Sosial Pada Masyarakat Suku Cia Cia Burangasi Di Kabupaten Buton Selatan.” Jurnal Sosiologi Miabhari 1(2):150–71.

Santika, I. Gusti Ngurah Ngurah. 2020. “Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur.” Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial 6(2):127. doi: 10.23887/jiis.v6i2.28437.

Sumiyaty, Sarry, Silvia Dwi Prastiwi, Sisi Yuliana, and Wahyuning Tri Mardiyanti. 2023. “Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia Dengan Negara-Negara OECD.” Journal of Contemporary Issue in Elementary Education 1(2):140–56. doi: 10.33830/jciee.v1i2.7256.

Yuliana, F., & Barlian, E. 2023. “Perkembangan Stigma Olahraga Golf Sebagai Olahraga Kaum Elite Di Indonesia Dari Perspektif Pendidikan.” Jurnal Lingkar Pendidikan (JLP) 2(1):14–23.

Yunita Siregar, Deasy, Lutfi Putri Khairani, Sonia Sabilla, and Rizki Putri Jasmine Siahaan. 2024. “Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies Analisis Aspek-Aspek Keberhasilan Pembelajaran Di Indonesia: Ditinjau Dari Studi Observasi.” 4:346–56.

Diterbitkan
2024-07-16
How to Cite
Rival Ferryanzah, Mardinata E.M Siburian, Rinaldi, Ibnu luthfi, & Nurkadri. (2024). REPRODUKSI KETIDAKSETARAAN SOSIAL MELALUI STRUKTUR KOMPETISI OLAHRAGA PADA PERSPEKTIF SOSIOLOGI . JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 10(2), 244-258. https://doi.org/10.36728/jip.v10i2.3590