ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISWA SD NEGERI 240 PALEMBANG TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

  • Muhammad Farhan Taqiyyuddin Universitas PGRI Palembang
  • Hengki Kumbara Universitas PGRI Palembang
  • M. Taheri Akbar Universitas PGRI Palembang

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan siswa SD Negeri 240 Palembang terhdap pelaksanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Masalah dalam penelitian ini bagaimana tingkat kepuasan siswa terhadap implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SD Negeri 240 Palembang. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Jumlah populasi dalam penenlitian ini 683 orang dengan samper 105 orang. Dalam penelitian ini menggunakan intrument angket  yang terbagi menjadi 2 faktor yaitu faktro internal dan faktor eksternal. Berdasarkan tabel frekuensi dari keseluruhan faktor yang masuk kedalam kategori sangat tinggi berjumlah 71 peserta didik atau 68% yang masuk kedalam kategori tinggi sebanyak 34 peserta didik atau 32% sedangkan kategori cukup, rendah, dan sangat rendah mendapatkan persentase 0%.  Dengan ini dapat dinyatakan bahwa hampir keseluruhan faktro internal dan faktor eksternal masuk kedalam kategori tingi dan sangat tingi, maka dapat disimpulkan tingkat kepuasan siswa SD Negeri 240 Palembang terhadap implementasi kurikulum merdeka pad pembelajaran pendidikan jasmani termasuk kedalam kategori “Sangat Tinggiâ€

Published
2025-05-21
How to Cite
Muhammad Farhan Taqiyyuddin, Hengki Kumbara, & M. Taheri Akbar. (2025). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISWA SD NEGERI 240 PALEMBANG TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI. Jurnal Ilmiah Spirit, 25(2), 51-58. https://doi.org/10.36728/jis.v25i2.4912