UKURAN TINGKAT RESILIENSI BELAJAR PADA ANGGOTA EKSTRAKURIKULER DAN NON EKSTRAKURIKULER DI SDN 20 PENUKAL

  • Ponirah Universitas PGRI Palembang
  • Ferri Hidayad Universitas PGRI Palembang
  • Hengki Kumbara Universitas PGRI Palembang

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengukur tingkat resiliensi siswa yang mengikuti ekstrakurikuler dan tidak mengikuti ekstrakulikuler bola voli di SDN 20 Penukal. Data dikumpulkan melalui kuesioner berdasarkan skala Likert yang disebarkan secara langsung di SDN 20 penukal dengan membagi angket ke 28 siswa ekstrakulikuler dan 28 siswa non-ekstrakulikuler total keseluruhan 56 siswa, Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang ditampilkan pada Tabel di atas, diketahui bahwa rata-rata (mean) tingkat resiliensi pada siswa ekstrakurikuler adalah 76,44, sedangkan pada siswa non ekstrakurikuler adalah 78,64. Nilai rata-rata ini menunjukkan bahwa secara umum, siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler memiliki tingkat ketahanan yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler.Tingkat Relisiensi kemampuan atau kapasitas insani yang dimiliki sesorang, kelompok yang memungkinkannya untuk menangani, mencegah, meminimalkan dan bahkan menghilangkan dampak yang merugikan dari kondisi yang tidak menyenangkan atau mengubah kondisi kehidupan yang menyengsarakan menjadi suatu hal yang wajar untuk di atasi anggota Ekstrakurikuler SDN 20 Penukal siswa yang secara sukarela mengikuti kegiatan di luar jam pelajaran sekolah. Mereka memiliki minat dan ketertarikan khusus pada bidang yang ditawarkan dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut, misalnya olahraga, seni, atau klub tertentu. Anggota ekstrakurikuler biasanya bergabung dengan kelompok atau tim yang dibimbing oleh seorang pembina atau pelatihUji Validitas dan Reliabilitas Dalam uji validitas kuesioner, peneliti menggunakan uji korelasi dengan perbandingan antara r hitung dan rtabel pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (30) 28. Semua butir soal dalam kuesioner valid dengan nilai r hitung yang lebih besar dari rtabel. Misalnya saja dalam aspek regulasi emosi, nilai r hitung dari butir-butir soal berkisar antara 435 hingga 715, yang semuanya lebih besar dari nilai rt tabel 0,2632. Hasil serupa ditemukan pada aspek, Uji reliabilitas juga menunjukkan hasil yang memuaskan. Nilai Cronbach’s Alpha untuk aspek regulasi emosi adalah 0,914, menunjukkan reliabilitas yang cukup tinggi. Pada aspek kontrol.

Published
2025-05-27
How to Cite
Ponirah, Ferri Hidayad, & Hengki Kumbara. (2025). UKURAN TINGKAT RESILIENSI BELAJAR PADA ANGGOTA EKSTRAKURIKULER DAN NON EKSTRAKURIKULER DI SDN 20 PENUKAL. Jurnal Ilmiah Spirit, 25(2), 150-158. https://doi.org/10.36728/jis.v25i2.4987