PERILAKU SEDENTER MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN JASMANI BERDASARKAN HASIL GPAQ

  • Muhammad Zulfikar Universitas Negeri Makassar

Abstract

Guru pendidikan jasmani memainkan peran penting sebagai pendidik dan promotor kesehatan sehingga mahasiswa calon guru pendidikan jasmani direkomendasikan untuk memiliki gaya hidup aktif serta perilaku sedenter harian yang minim. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gambaran perilaku sedenter para mahasiswa calon guru pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional untuk menggambarkan perilaku sedenter mahasiswa. Sampel penelitian adalah 157 mahasiswa (105 laki-laki dan 52 perempuan) program studi pendidikan jasmani yang tersebar pada beberapa perguruan tinggi yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Data aktivitas fisik dan perilaku sedenter dikumpulkan menggunakan kuesioner Global Physical Activity Questionnaire (GPAQ). Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif menggunakan statistik frekuensi dan persentase untuk menggambarkan pola perilaku sedenter mahasiswa. Data juga dianalisis berdasarkan gender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata-rata mahasiswa calon guru pendidikan jasmani memiliki perilaku sedenter yang tinggi dengan rata-rata waktu sedenter harian yaitu 468,03 menit atau 7,3 jam per hari, 2) terdapat perbedaan yang signifikan dari perilaku sedenter mahasiswa berdasarkan gender dengan perilaku sedenter lebih tinggi ditunjukkan oleh mahasiswa perempuan. Temuan ini menegaskan perlunya perhatian lebih dalam pengelolaan pola aktivitas fisik mahasiswa agar dapat menjalankan peran sebagai agen perubahan gaya hidup sehat secara optimal

Published
2025-05-27
How to Cite
Zulfikar, M. (2025). PERILAKU SEDENTER MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN JASMANI BERDASARKAN HASIL GPAQ . Jurnal Ilmiah Spirit, 25(2), 105-110. https://doi.org/10.36728/jis.v25i2.4953